Menyelami Pesona Keindahan Alam Bawah Laut Pulau Komodo

oleh -
Tampak dua penyelam menikmati keindahan terumbu karang di bawah laut Pulau Komodo. (Dok. pesona.travel)

JALAJAHNUSAE.com – Indonesia memang kaya akan potensi alam yang sangat indah, termasuk kendahan alam bawah lautnya. Seperti yang terdapat di wilayah Pulau Komodo. Pulau ini tak hanya terkenal akan kadal raksasanya, komodo, tapi juga keindahan bawah lautnya.

Saking indahnya, Pulau Komodo pun pernah menjadi nominator versi 7 Wonders. Bukan karena keberadaan hewan endemik langka komodo, tapi juga keindahan alamnya yang sempurna. Pulau Komodo juga masuk dalam kawasan taman nasional di paling ujung barat Nusa Tenggara Timur.

Alam bawah lautnya memang sudah mendunia karena sangat bagus untuk diving. Banyak hal yang bisa dijumpai di sana. Lautnya jernih, terumbu karang berwarna-warni, dan kekayaan biota laut yang hanya khas. Banyak jenis ikan seperti ikan badut, ikan dori, angel fish, baronang, dan lainnya.

Umumnya wisatawan membawa roti atau nasi untuk memanggil mereka datang. Ikan-ikan inilah yang seolah mengajak bermain bersama para wisatawan yang menyelam. Dunia juga menyatakan bahwa laut Pulau Komodo menjadi salah satu spot penyelaman yang bagus.

Bagi wisatawan yang enggan menyelam, banyak alternatif aktivitas lain yang bisa dilakukan, seperti hiking, snorkelling, atau sekadar duduk santai di pinggir pantai.

Namun bagi yang baru pertama kali ke Taman Nasional Komodo atau Labuan Bajo dan ingin mendapatkan pengalaman yang berkesan, wajib mencoba snorkeling atau freediving sekitar Pulau Manjarite. Selain keindahan bawah lautnya yang memanjakan mata, daerah ini juga relatif aman untuk pemula, karena minim arus dan hanya sedikit gelombang.

Rute untuk menuju ke sana, bila berangkat dari Jakarta harus transit di Denpasar, Bali terlebih dahulu. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Bandara Komodo di Labuan Bajo. Meskipun perjalanannya cukup panjang, tapi semuanya akan terbayar dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan.*** (IG/sumber: pesona.travel)