Menjelajahi 10 Tempat Wisata Pulau Morotai yang Wajib Dikunjungi

by -
Benteng Kalamata Morotai
Benteng Kalamata Morotai - Sumber: korinatour.co.id

Jalajahnusae.com – Pulau Morotai terletak di Kepulauan Halmahera, Maluku Utara. Pulau ini memiliki beragam destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan. Untuk mencapai pulau ini, kamu bisa menempuh jalur udara, laut, dan darat.

Buat kamu yang menggunakan jalur udara, bisa naik pesawat menuju Ternate, dilanjutkan naik Susi Air ke Pulau Morotai. Sedangkan, jalur laut, kamu bisa menempuhnya dari Pelabuhan Ahmad Yani atau Imam Lastori. Terakhir, jalur darat bisa dicapai dengan rute Ternate-Sofifi-Tobelo-Morotai.

Eitts.. tentunya sebelum berangkat, siapkan dulu daftar termpat wisata Pulau Morotai yang harus dikunjungi. Referensinya bisa kamu lihat di bawah ini.

10 Destinasi Tempat Wisata Pulau Morotai Terbaik

Tanjung Gorango

Wisata alam yang jarang dijamah orang ini tidak memiliki fasilitas lengkap. Kamu harus menyiapkan bekal makanan, minuman, hingga obat-obatan sendiri.

Namun, justru itu yang menjadi daya tariknya, jauh dari keramaian, bisa menikmati ketenangan alam lebih leluasa. Apalagi, deburan ombak yang bertemu dengan hamparan pasir putihnya semakin menambah keindahan wisata tersebut.

Tanjung Gorango terletak di Desa Gorua, Kecamatan Morotai Utara, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Untuk berkunjung ke sini kamu akan dikenakan biaya Rp 20 ribu.

Tanjung Dahegila

Perpaduan pemandangan laut dengan hamparan rumput yang sangat indah bisa kamu nikmati dari atas bukit. Salah satu daya tarik utama Tanjung Dehegila yakni keindahan matahari terbenam. Waktu terbaik ke sini adalah pagi dan sore hari.

Tanjung Dahegila terletak di Desa Dehegila, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Tiket masuknya hanya Rp 10 ribu.

Pantai Nunuhu

Pulau Morotai
sumber: jababekamorotai.com

Tak jauh dari bibir pantai, terdapat pulau kecil rimbun. Kamu bisa menyeberang saat air laut sedang surut, karena jaraknya tidak jauh. Airnya yang tenang dijamin bikin betah berlama-lama di tepi pantai. Tetap berhati-hati, ya!

Pantai ini terletak di Desa Bido, Kecamatan Morotai Utara, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Tiket masuknya Rp 20 ribu.

Air Terjun Raja

Akses untuk mencapai tempat ini cukup jauh. Kamu harus melewati jalanan, menyusuri sungai, barulah sampai ke sini. Uniknya, di Air Terjun Raja ini, terdapat kolam kecil yang bisa digunakan untuk bermain air. Aliran air terjun yang deras berada di tengah pepohonan rimbun.

Air Terjun ini terletak di Desa Raja, Kecamatan Morotai Selatan Barat, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Untuk bisa kesini kamu akan dikenakan biaya Rp 10 ribu.

Museum Trikora dan Perang Dunia II

Kedua museum ini berada di lokasi yang sama dengan monumen patung pada bagian tengahnya. Museum Trikora berisi peninggalan bersejarah soal perjuangan tentara Indonesia dalam pembebasan Irian Barat.

Museum Perang Dunia II berisi hal-hal yang berhubungan dengan perang antar sekutu Amerika Serikat dan Jepang. Museum ini terletak di Desa Wawama, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Pulau Kolorai

Pulau ini dipenuhi dengan kampung berwarna-warni yang menarik. Sebagian masyarakat di Pulau Kolorai bekerja sebagai nelayan, sehingga kamu bisa menikmati hasil laut yang segar.

Tak hanya itu, hamparan pasir putih dengan beningnya air laut cocok buat snorkeling. Wisata ini terletak di Pulau Kolorai, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Air Kaca

Dulu, Air Kaca pernah digunakan sebagai sumber air minum. Namun, sungai bawah tanah yang bening ini sudah tidak sejernih dulu.

Wisata alam ini terletak di Desa Wawama, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Harga tiketnya  Rp 20 ribu.

Pulau Kokoya

Pulau yang tidak berpenghuni ini memiliki pemandangan sangat indah, karena dikelilingi terumbu karang dan pasir putih. Airnya yang sangat jernih memungkinkan kamu melihat pemandangan bawah laut dengan mata telanjang.

Untuk mencapainya, kamu harus naik speedboat dari Desa Daruba selama 30 menit. Pulau Kokoya terletak di, Desa Daruba, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Pulau Dodola

pulau morotai
sumber: jababekamorotai.com

Ada Pulau Dodola Besar dan Kecil, keduanya dipisahkan lautan biru. Saat air laut pasang, kedua pulau tersebut tampak menjadi satu.

Kamu bisa berjalan-jalan di tepi pantai dengan bebas. Hamparan pasir putih dengan jernihnya air laut pun menjadi daya tarik utamanya. Pulau Dodola terletak di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara

Pulau Tabailenge

Pulau Tabailenge jadi salah satu barisan pulau yang ada di Kabupaten Pulau Morotai. Ukurannya sangat kecil, sehingga bisa dijelajahi hanya selama 20 menit. Selain snorkeling, kamu juga bisa memancing di sini. Pulau ini terletak di Desa Bere-bere, Kecamatan Morotai Utara, Kabupatan Pulau Morotai, Maluku Utara.

Pulau sekitar Morotai beberapa asih ada yang gratis. Yang mana, kamu tidak akan dikenakan biaya untuk masuk ke beberapa pulau tersebut. Namun, satu hal yang perlu kamu catat. Destinasi wisata ini menjadi ruang hidup bagi warga sekitarnya. Kamu wajib menjaga kelestarian alam sekitar agar terjaga dari bencana alam. Jika tidak kita, siapa lagi?

Baca artikel menarik lainnya di Jalajahnusae.com, yuk!