Ide Itinerary Jogja Lengkap, Bikin Liburan Makin Seru | 1 Hari, 2 Hari 1 Malam, 3 Hari 2 Malam

by -
wisata jogja
Foto: Instagram.com/ahmad_fauzan_maulana

Jalajahnusae.com – Yogyakarta sejak dulu sudah terkenal, apalagi pariwisata. Malioboro, Taman Sari, dan masih banyak destinasi lainnya. Supaya liburan makin tertata dan terasa seru, coba deh bikin itinerary Jogja yang bisa kamu jadikan panduan saat berlibur ke sana!

Itinerary Jogja 1 Hari, Trip Kilat!

Jika kamu hanya memiliki waktu satu hari berlibur di Jogja dan bingung soal destinasi dan kuliner, mungkin kamu bisa intip daftar kegiatan ini:

Pukul 07.00 WIB

Pagi hari di Jogja, hampir semua orang menyukai suasananya. Sesampainya di sana kamu langsung bisa sarapan di angkringan terdekat. Tak perlu khawatir karena angkringan begitu banyak di sepanjang jalan. Setelah sarapan kamu bisa berjalan di sekitar alun-alun sambil berfoto ria.

Pukul 08.30 WIB

Sudah sarapan? Yuk, mampir ke keraton! Tempat tinggal Sultan dan keluarganya ini dibuka untuk umum mulai pukul 08.30 WIB.

Keraton menjadi salah satu tempat wisata bersejarah di Yogyakarta. Keraton ini tidak lain adalah istana kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang hingga kini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan. Sebagian bangunan dari keraton ini kini beralih fungsi menjadi museum benda-benda antik koleksi kesultanan Yogyakarta.

Tak jauh dari keraton, ada sebuah pemandian raja dan ratu bernama Tamansari. Bangunan ini begitu cantik dengan kolam-kolam berisikan air. Di sana pun ada masjid bawah tanah yang sangat ikonik. Mau jalan kaki atau naik becak, bisa jadi pilihan seru untuk pergi ke sana!

Pukul 10.00 WIB

Setelah keraton, kamu bisa langsung bergegas ke Candi Prambanan, salah satu kompleks candi yang terkenal di Yogyakarta. Dari area keraton, kamu bisa mencari halte bus trans jogja terdekat maupun menggunakan taksi/ojek online. Jangan sampai salah tujuan ya!

Lain dengan Candi Borobudur yang merupakan warisan Buddha, Candi Prambanan adalah candi Hindu. Candi ini sudah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Mengenal seni sastra dan cerita Hindu, hunting foto keren, berkeliling kompleks candi, dan juga berburu souvenir bisa jadi kegiatan seru untuk kamu lakukan di sana. Di kompleks tersebut kamu juga dapat melihat sebuah museum berbentuk rumah joglo.

Pukul 13.00 WIB

Untuk makan siang, kamu wajib makan di Gudeg Pawon. Gudeg dengan Jogja adalah hal yang tak bisa dilepaskan begitu saja. Tidak lengkap rasanya ke Jogja jika tidak menikmati Gudeg.

Gudeg ini terbilang unik karena pembelinya harus mengambil sendiri pesanannya di pawon atau dapur. Warung ini buka pada pukul 22.00 dan berada di Jl. Janturan UH/IV No 36, Warungboto, Umbulharjo.

Pukul 15.00 WIB

Nah, sebelum bergegas untuk melakukan perjalanan pulang, jangan lupa untuk mencari oleh-oleh untuk kerabat. Kamu bisa menuju kawasan Malioboro yang diisi dengan banyak toko bakpia maupun batik. Kamu pun bisa membeli oleh-oleh di Pasar Bringharjo yang masih berada di kawasan Malioboro.

Itinerary Jogja 2 Hari 1 Malam

Jika kamu melakukan trip ke Yogyakarta dan memiliki waktu dua hari satu malam, mungkin kamu bisa mengikuti tips ini.

Hari Ke-1

Jika kamu tiba di Jogja pada sore hari, sesampainya di sana kamu harus cari hotel untuk istirahat malam hari. Kamu bisa pilih Yez Yez Yez All Good Hostel. Hostel ini terletak di Jl. Prawirotaman MG III/509 , Mergangsan. Menginap di sini hanya perlu membayar Rp 165 ribu.

Setelah chek in dan santai sejenak, kamu bisa nyore di alun-alun Yogyakarta. Alun-alun merupakan ciri khas identitas di tiap kota dan kota Jogja menawarkan pesonanya terutama di saat menjelang malam hari. Lokasi Alun-alun Kidul terletak di Selatan kota Jogja tepatnya di Jl. Alun-alun Kidul.

Lalu sebelum pulang ke hotel coba makan sate klathak. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate klathak Pak Bari ditusuk mengunakan jeruji besi.

Sate klathak sendiri berbahan daging kambing yang masih muda. Untuk menikmati kelezatannya anda bisa mengunjungi Pasar Jejeran yang ada di Jl. Imogiri Timur, Wonokromo Bantul. Harganya dijual mulai Rp20 ribu satu porsinya.

Hari Ke-2

Hari kedua sebelum perjalanan pulang di petang hari, kamu bisa mampir ke Taman Sari untuk foto. Sarapan dulu ya!

Sebelum perjalanan pulang, kamu bisa menghabiskan sisa waktu liburan di wisata Taman Sari. Di Yogyakarta, memang banyak tempat wisata bersejarah, salah satunya adalah Taman Sari. Kamu bisa menikmati keindahan yang menyenangkan sekaligus mendidik.

Taman Sari masih menjadi salah satu bangunan milik kesultanan Yogyakarta yang berfungsi sebagai destinasi wisata. Selain dijadikan tempat wisata, Taman Sari kini masih digunakan sebagai ritual keluarga raja.

Sebelum bergegas pulang, kamu wajib isi perut. Angkringan menjadi salah satu tempat makan khas dari Jogja yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Meskipun kamu bisa menemui angkringan di mana saja, namun menikmati langsung di Jogja jelas akan berbeda.

Angkringan KR selain menyediakan banyak menu, harganya terjangkau dan tempatnya juga nyaman. Angkringan ini terletak di Jl. P. Mangkobumi, Gowongan. Tempat ini tentunya sangat cocok untuk kulineran sekalian nongkrong bersama teman atau kerabat.

Itinerary Joja 3 Hari 2 Malam

Hari Ke-1

Memiliki waktu tiga hari dua malam di Yogyakarta, kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata maupun kuliner. Hari pertama, kamu bisa check in di penginapan Bring in House.

Penginapan ini bakal bikin kamu berasa di rumah. Bangunannya berbentuk rumah tradisional dengan pintu pagar terbuat dari kayu. Rumah ini terletak di Jl. Pugeran Timur No. 18, Mantrijeron. Untuk menginap di sini kamu akan dipungut biaya mulai dari Rp 140 ribu.

Setelah sarapan, kamu bisa langsung ke Pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti namanya lebih terkenal dari pada nama aslinya yakni pantai Sawal. Lokasi pantai ini jaraknya kurang lebih 66 km dari pusat kota Jogja. Pantai Indrayanti atau Pantai Sawal adalah salah satu pantai favorit di Jogja selain pantai Parang Tritis.

Sebelum pulang ke penginapan, kamu bisa makan di House Of Raminten, dalam satu tempat kamu sudah bisa menikmati aneka kuliner khas Jogja. Restoran ini berada di Jl. FM Noto No 7 Kotabaru.

Hari Ke-2

Hari kedua, Kamu bisa menghabiskan waktu dengan berkunjung ke Goa Pindul. Objek wisata ini termasuk yang sangat terkenal dan menjadi ikon pariwisata kota Jogja.

Goa Pindul menawarkan wisata yang menguji adrenalin, yaitu cave tubing. Di goa ini juga terdapat stalaktit dan stalakmit yang sangat mengagumkan. Tiket masuknya yaitu dari Rp10 ribu hingga Rp35 ribu saja.

Setelah seharian berpetualang, kamu bisa makan malam sebelum ke penginapan. Kamu bisa mampir ke Oseng Mercon Bu Narti oseng. Lokasi warung ini ada di Jl. KH. Ahmada Dahlan, Gg Purwodiningratan. Jam bukanya mulai dari pukul 17.00 hingga pukul 23.00 WIB.

Oseng mercon yang bercita rasa pedas memang tak bisa dilewatkan begitu saja. Dipadukan dengan nasi hangat yang pulen pasti akan membuat perut tiba – tiba keroncongan.

Hari Ke-3

Hari terakhir mungkin kamu akan bangun agak siang, karena sebelumnya lelah berpetualang. Destinasi terakhir ini menjadi penutup yang pas. Kamu bisa menikmati sunset dari Candi Ratu Boko.

Candi yang sebenarnya dikenal sebagai kompleks kerajaan ini terletak di atas bukit yang tinggi di desa Bokoharjo, yaitu sekitar 195,97 meter di atas permukaan laut. Gerbang masuknya yang ikonik, hamparan rumput yang indah dan luas, paseban, goa, bekas pendopo, serta keputren dengan kolam yang amat unik akan memanjakan mata.

Sebelum pulang, kamu bisa makan dulu di Bakmi Jawa Bu Kris beralamat di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.2, Rogem, Tamanmartani, Prambanan, Kabupaten Sleman. Jarak tempat kuliner Bakmi Jawa Bu Kris dan tempat wisata Candi Ratu Boko kurang lebih 2 km. Setelah menikmati sunset, kamu bisa makan enak disini sebelum melakukan perjalanan pulang.

Baca artikel menarik lainnya di Jalajahnusae.com.