Perhatikan Hal Ini Kala Berkunjung ke Taman Nasional!

oleh -
Taman Nasional Ujung Kulon. (Foto TNUK/Adnan Buyung)

JALAJAHNUSAE.com – Indonesia memiliki banyak Taman Nasional dan kini menjadi incaran destinasi wisata para traveller baik domestik maupun mancanegara. Berwisata ke alam seperti Taman Nasional memang memberikan sensasi dan keseruan tersendiri.

Pesona pemandangan alam yang masih natural dilengkapi dengan satwa yang dilindungi menjadi daya tarik Taman Nasional. Namun sebelum berkunjung ke Taman Nasional, Anda harus perhatikan hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum dan saat berkunjung ke Taman Nasional:

Cari Informasi Perizinan

Ada beberapa Taman Nasional yang membutuhkan surat izin sebelum berkunjung, baik itu untuk perorangan maupun kelompok. Untuk itu, Anda perlu mencari informasinya sebelum merencanakan membeli tiket perjalanan. Anda bisa mengecek tentang izin berkunjung di kantor Kementerian Kehutanan, mengunjungi website resminya, atau menelpon Taman Nasional yang akan dikunjungi.

Patuhi Peraturan

Setiap Taman Nasional memiliki peraturannya tersendiri, misalnya seperti Taman Nasional Tanjung Puting melarang pengunjung untuk memberikan makan pada Orangutan. Begitu pula dengan Taman Nasional Baluran yang juga melarang Anda memberi makanan ke monyet ekor panjang di sekitar penginapan kawasan tersebut.