Puncak Darma, View Point Mempesona Sebelum Menjelajah Ciletuh

oleh -
Pengunjung saat menikmati Puncak Darma di kawaan Geopark Ciletuh, Kabuoaten Sukabimi, Jawa Barat. (Foto: Jalajah Nusae/adhi)

JALAJAHNUSAE.com – Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memiliki Kawasan Geopark Ciletuh yang menawarkan sejumkah destinasi menarik.

Mulai dari perbukitan, trek sepeda, air terjun, persawahan nan hijau hingga pantainya yang membuat wisatawan akan betah berlama-lama.

Dengan akses jalan yang sangat baik, lokasi ini bisa ditempuh lewat dari sepanjang 161 kilometer atau sekitar 4 jam 36 menit.

Jika ditempuh dari Kota Bogor area Kebun Raya Bogor, jarak tempuhnya adalah 114 kilometer atau sekitar 3 jam 35 menit, dan dari Kota Depok yakni 149 kilometer atau sekitar 4 jam 15 menit.

Perjalanan dari Kota Tangerang, jarak tempuhnya adalah 188 kilometer atau sekitar 5 jam 22 menit. Sementara untuk perjalanan dari Kota Bekasi, jarak tempuhnya adalah 162 kilometer atau sekitar 4 jam 30 menit.

Melihat hamparan pantai dari Puncak Darma. (Foto: Adhi)

Nah, bagi kalian yang ingin memilih Geopark  Ciletuh sebaiknya perjalanan dimulai pada pagi hari sekitar pukul 06:00 WIB. Ini untuk menghindari kemacetan.

Jangan lupa untuk sarapan dan mengecek kendaraan pribadi agar perjalanan tetap aman.

Dari beberapa spot yang ada di kawasan Cilteuh, Puncak Darma, salah satu dataran tertinggi di kawasan Geopark Ciletuh, berlokasi di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas.

Lokasinya yang berada pada ketinggian 230 meter dari permukaan laut (mdpl) membuat pemandangan yang ditawarkan Puncak Darma mengesankan.

 

Dari sana, berbagai pemandangan dapat disaksikan mulai dari Teluk Ciletuh yang berbentuk tapal kuda, hingga deretan tebing, persawahan, hingga pantai Geopark Ciletuh.

Menghabiskan pagi hari di Puncak Darma sambil menikmati matahari terbit dapat membuat pengalaman road trip menjadi lebih menyenangkan.

Pesona keindahan terbaiknya ialah saat matahari terbenam, atau sunset karena bukit ini menghadap ke barat.

Matahari akan terbenam di tengah teluknya, dan gemerlap lampu-lampu di geopark pun lalu mengganti guratan senja yang ada.

Air terjun yang ada di kawasan Geoaprak Ciletuh. (Foto: Adhi)

Untuk masuk ke sini wisatawan perlu membayar tiket Rp 3.000 saja. Untuk anak kecil di bawah usia sekolah dasar tidak perlu membayar tiket.

Tidak ada persiapan atau bekal khusus untuk berkunjung ke sini. Anda tinggal menyiapkan bidikan lensa terbaik untuk mengabadikan momen.

Di dalam kawasan obyek ini tersedia kios jajanan dan toilet umum bagi wisatawan.

Puncak Darma buka sejak pukul 08.30-18.00 WIB atau selesai matahari terbenam. Namun, pemandangan malam dengan lampu-lampu di geopark tidak kalah menarik.

Bagaimana, tertarik untuk datang ke Puncak Darma? (*/adh)