Bagas Godang Diharapkan jadi Destinasi Wisata Heritage

oleh -
Bangunan Bagas Godang. (Foto: Pemkab Mandailing Natal)

JALAJAHNUSAE.com – Bagas Godang merupakan bangunan rumah adat tradisional Suku Mandailing. Lokasinya berada di Desa Huta Godang, Ulu Pungkut, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut).

Bangunan berbahan kayu tersebut, merupakan peninggalan dari Raja Djunjungan Lubis yang merupakan Gubernur Sumut ke-6. Konstruksi atap berbentuk tarup silengkung dolok seperti atap pedati menjadi ciri bangunan tua ini.

Masyarakat Mandailing menganggap Bagas Godang sebagai tempat yang sakral karena adat dan hukum yang berlaku di sana dijiwai Bagas Godang. Karena pada zaman dahulu, rumah berukuran 39×20 meter ini menjadi tempat masyarakat bermusyawarah untuk menentukan suatu hal.

Keberadaan Bagas Godang pun diharapkan dapat dilestarikan dan dikembangkan menjadi destinasi wisata heritage atau sejarah unggulan Sumut. Hal ini disampaikan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dalam kunjungan kerjanya di Madina, Sabtu (22/2/20) lalu.

Dalam kesempatan itu, kedatangan Gubernur Edy bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi dan rombongan disambut gondang sembilan. Edy melihat setiap sudut ruangan dari rumah adat khas Mandailing tersebut.

“Nanti kita akan pelajari dahulu. Tadi saya juga sudah bicara dengan keluarga. Saya juga sudah sampaikan keinginan untuk melestarikan tempat ini. Kita panggil ahli untuk melakukan revitalisasi sehingga menjadi ikon pariwisata heritage,” tutur Edy Rahmayadi, dikutip dari laman resmi Pemprov Sumut.

Usai mengunjungi Bagas Godang, Edy beserta rombongan berziarah ke makam Raja Djunjungan Lubis.

“Saya berziarah ke makam Raja Djunjungan Lubis karena ajaran agama untuk berdoa di makam orang-orang saleh. Beliau juga pernah menjadi Gubernur Sumut. Tapi yang lebih penting adalah saya yakin beliau adalah salah satu tokoh yang membesarkan agama Islam di sini,” sambung Edy.

Sementara itu, Rinaldo Basrah Lubis yang merupakan cucu Raja Djunjungan Lubis mengaku senang atas kunjungan Gubernur Edy Rahmayadi dan rombongan. Menurut dia, kunjungan tersebut merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Gubernur terhadap masyarakat dan adat Mandailing.

“Terima kasih atas kunjungan Bapak Gubernur. Dengan kunjungan ini saya berharap nantinya Bagas Godang ini dapat direvitalisasi atau dipugar, sehingga sesuai dengan harapan Pak Gubernur bisa menjadi wisata heritage,” ungkapnya.***(IG)