Yuk Berwisata Sambil Belajar Nuklir di Kota Bandung!

oleh -

JALAJAHNUSAE.com- Kota Bandung kini memiliki destinasi wisata teknologi nuklir. Bertempat di Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) atau BATAN, Jl. Tamansari No.71 Kota Bandung.

Destinasi wisata edukasi ini sudah resmi dibuka, bahkan sudah terjalin kerja sama antara PSTNT dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pun dilakukan Kepala Diabudpar Kota Bandung, Dewi Kaniasari dan Kepala Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan, Dr. Jupiter Sitorus Pane, Kamis (20/02/20) lalu.

Kata “Nuklir” memang saat ini masih terdengar menakutkan bagi masyarakat awam. “Nuklir itu tidak usah ditakuti, silakan berkunjung,” ucap Dr. Jupiter Sitorus Pane, dikutip dari laman Disbudpar Kota Bandung.

Di sana, wisatawan bisa berwisata sambil belajar mengenai teknologi nuklir. Ada juga ruang pameran dan reaktor nuklir yang bisa dikunjungi di waktu-waktu tertentu.

Wisatawan juga akan mendapat informasi seputar nuklir terapan. Nuklir ini ternyata dimanfaatkan menjadi banyak hal yang dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, contohnya yaitu untuk menekan pencemaran udara dan perkembangbiakan nyamuk DBD.

Nah bagi yang tertarik untuk berkunjung ke sana, bisa datang pada hari Senin dan Selasa, pukul 08.00-12.00 WIB dan 13.00-16.00 WIB.

Kunjungan wisata edukasi tersebut, bisa dilakukan perorangan atau berkelompok maksimal 100 orang. Karena kunjungan ke Reaktor Nuklir perlu dipersiapkan sebelumnya, jadi terlebih dahulu harus menghubungi pengelola di nomor (+62 812-2135-521) atau follow @batanbdg.***(IG/Foto: dok. BATAN)