Curug Citambur, Terdengar Seperti Suara Tabuhan Tambur

oleh -
Bandung Tourism Rider Community (BTRC) di lokasi Curug Citambur. (Foto BTRC)

JALAJAHNUSAE.com – Ketika sebuah alat musik tambur dipukul, suara tersebut akan terdengar seperti ribuan liter air jatuh. Begitu pula sebaliknya, saat kita mendengar ribuan air jatuh di sebuah air terjun akan terdengar seperti tabuhan alat musik tambur. Itulah yang dirasakan saat berkunjung ke Curug (air terjun) Citambur, Cianjur, Jawa Barat.

Curug Citambur merupakan salah satu curug yang banyak tersebar di pelosok Jawa Barat. Curug ini tepatnya berada di daerah Cianjur bagian selatan yang memiliki ketinggian sekitar 1.400 mdpl. Keunggulannya bertambah dengan pemandangan alam yang indah dan udara nan sejuk hingga membuat siapa pun betah berlama-lama di sana.

Debit air terjun tersebut jatuh dari ketinggian sekira 130 meter. Meluncur indah dari tiga tingkatan air terjun. Tingkat pertama dengan ketinggian 12 meter, tingkat kedua ketinggian 116 meter, dan paling atas setinggi 2 meter. Debit air yang jernih akan lebih besar saat musim penghujan dan guyuran airnya menimbulkan gemuruh serta menciptakan kabut tipis.

Mendengar keasrian curug tersebut, sebuah komunitas motor di Bandung bernama Bandung Tourism Rider Community (BTRC ) tertarik untuk menikmati bentang alamnya. Sekaligus survei segala hal yang kelak menjadi bahan masukan bagi para stakeholder dan pegiat pariwisata. Ketertarikan itu pun direalisasikan lewat kegiatan Touring ke-5 BTRC pada Minggu 18 Agustus 2019 yang diikuti oleh sekira 30 pemotor.