Perjalanan Taman Mini Indonesia Indah, Dikelola Keluarga Cendana Kini Jatuh ke Tangan Negara

by -
rumah gadang taman mini indonesia indah
Rumah Gadang di Taman Mini Indonesia Indah

Jalajahnusae.com – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terletak di Jakarta Timur. Hampir setiap orang di Indonesia telah mendengar destinasi wisata yang melegenda ini. Setuju ‘kan?

TMII merupakan tempat rekreasi yang mana di dalamnya merupakan sebuah taman miniatur-miniatur Indonesia. Kawasan wisata ini telah diambil alih oleh negara setelah sebelumnya dikelola oleh keluarga cendana. Bagaimana kabarnya sekarang?

Taman Mini Indonesia Indah Pindah Tangan

Taman Mini Indonesia Indah sudah sohor sejak masa Orde Baru. Pada masa tersebut kawasan rekreasi yang dijadikan tujuan study tour sekolah di berbagai kota ini dikuasai dan dikelola oleh keluarga cendana yang tak lain ialah mantan presiden Indonesia Orde Baru.

Sejak saat itu hingga sekarang TMII mengalami proses pengembangan pariwisata demi menarik wisatawan. Mulai dari peremajaan hingga penambahan wahana atraksi.

Hingga di tahun 2021, kawasan rekreasi tersebut akhirnya diambil alih oleh negara dari tangan keluarga cendana. Tanggal 8 Maret 2021 perusahaan konsultan bisnis asal Singapura, Mitora Pte. Ltd menggugat kelima anak Suharto. Penggugat menuntut ganti rugi sebesar Rp584 miliar. Gugatan tersebut diajukan ke PN Jaksel.

Kisruh hal tersebut, pemerintah rezim Jokowi menerbitkan Perpres No. 19/2021 tentang TMII. Di dalamnya sendiri mengatur penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg.

Status hak pakai tanah TMII seluas 146 hektare tersebut yakni atas nama Sekretariat Negara karena, negara tak boleh mempunyai hak milik.

Kisruh politik sengketa lahan TMII tersebut membawa TMII jatuh ke tangan negara secara pengelolaan.

Bagaimana Kabar TMII Setelah Diambil Alih?

Nah, bagaimana dampak peralihan tersebut terhadap kondisi pariwisata di Indonesia?

Menurut pengamatan penulis, alih kelola dari cendana ke negara, setidaknya bakal memberikan kenaikan ekonomi. Pasalnya, pemerintah tengah gencar menjual citra pariwisata. Lewat serumpun narasi yang beredar, pemerintah menyebutkan bahwa fokus tersebut guna memulihkan kondisi ekonomi pariwisata yang turun akibat pandemi.

Serangkaian program penggenjotan ekonomi pariwisata tersebut, (tebakan penulis) akan turut serta membawa TMII ke daftar “penjualan”. Sehingga kawasan TMII nantinya akan ikut masuk dalam daftar pengembangan pariwisata yang digadang pemerintah, mengingat, TMII sendiri merupakan kawasan wisata yang lengkap.

Wisata di Taman Mini Indonesia Indah

TMII memiliki beragam atraksi wisata, yang jadi ciri khas adalah anjungan daerah. Atraksi ini sebenarnya lebih cocok dibilang replika Indonesia. Anjungan daerah terdiri dari 33 bangunan yang masing-masingnya menyerupai rumah adat dari setiap provinsi yang da di Indonesia.

Arsitektur bangunan dibuat sangat mirip dengan rumah adat dari masing-masing provinsi. Bahkan kabarnya rumah Aceh Cut Meutia langsung dibawa dari tanah NAD.

Selanjutnya ada istana anak Indonesia. Istana ini memang diperuntukan untuk anak. Di dalamnya terdapat berbagai wahana permainan yang seru dan mengasyikan. Seperti, mandi bola, kereta api kelinci, komedi putar, rollercoaster dan wahana permainan anak seru lainnya.

Selain anjungan daerah dan istana anak, lalu ada snowbay water park. Taman air ini sungguh memanjakan pengunjung khususnya anak-anak. terdapat atratksi tambahan seperti ombak buatan, kolam arus, perang air, kolam busa dan lainnya. Bahkan terdapat juga fasilitas pendukung seperti restoran, gazebo dan masih banyak lagi.

Selanjutnya ada Theater Keong Mas yang kerap jadi sampul buku pelajaran sekolah. Gedung ini sebenarnya ialah bioskop IMAX yang diperuntukan sebagai wahana edukasi bagi anak-anak sekolah yang sedang study tour. Mungkin kamu juga pernah kan?

Lalu ada wahana Sky World, wahana edukasi ini fokus memberikan wawasan mengenai astronomi. Di dalamnya terdapat 3 ruangan, yakni exhibition room, planetarium dan photo 3D.

Selanjutnya masih banyak lagi wahana yang ada di Taman Mini Indonesia Indah, meliputi aneka museum, akuarium, hingga taman legenda dan budaya.

Taman Mini Indonesia Indah Ticket Price

Harga tiket untuk wahana yang ada di TMII dijual terpisah untuk setiap wahananya. Untuk tiket masuk TMII dipatok harga Rp20 ribu. Sedangkan, untuk setiap wahana, harga tiket dipatok mulai dari Rp5 ribu hingga Rp200 ribu.

Saat pandemi, Taman Mini Indonesia Indah dibuka untuk wisatawan yang hendak menikmati berbagai wahana yang seru dan menarik. Terkait keamanan, pihak TMII menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Seperti dibahas sebelumnya, peralihan wewenang pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah ini membawa angin segar untuk kapita pendapatan negara dari sektor ekonomi pariwisata. Namun yang perlu dicatat ialah bagaimana pemerintah mengelola TMII untuk keuntungan warga baik dalam hal ekonomi atau kebutuhan rekreasi. Pasalnya, sangat disayangkan jika alih kelola tersebut berujung pada keuntungan pribadi atau kelompok tertentu saja seperti sebelumnya.