, , ,

7 Tempat Wisata di Kuningan dan Majalengka Terbaik yang Wajib Dikunjungi

by -
Sumber: pegipegi,com

Jalajahnusae.com – Selama ini tempat wisata di Kuningan dan Majalengka jarang disorot. Nyatanya, Kuningan dan Majalengka juga memiliki banyak tempat wisata alam yang menakjubkan, lo. Simak beberapa pilihan terbaiknya di sini.

Dua kabupaten yang berlokasi di bagian timur Jawa Barat ini memiliki dataran rendah di bagian utara, bukit di bagian tengah, dan pegunungan di bagian selatan.

Hal tersebut membuat Kuningan dan Majalengka memiliki berbagai tempat wisata yang menarik mulai dari air terjun, telaga, serta tempat wisata alam lainnya.

Nah, jika kamu berencana untuk berlibur di Jawa Barat, lebih baik jelajahi berbagai tempat wisata di Kuningan dan Majalengka berikut ini.

Tempat Wisata di Kuningan dan Majalengka Terpopuler

1. Bukit Panembongan

Rekomendasi tempat wisata di Kuningan dan Majalengka yang pertama yaitu Bukit Panembongan yang memiliki keindahan panorama luar biasa.

Bukit ini terletak di Jalan Tembong,Kecamatan Garawangi, Kadatuan, Kabupaten Kuningan.

Selain harga tiket masuknya yang terjangkau, di sana kamu bisa bermain wahana atraksi dengan konsep outbound yang sangat seru.

Untuk kamu yang berencana menginap, sudah disediakan tempat perkemahan dan tenda camping beserta fasilitas pendukung lainnya.

2. Goa Lalay

Goa Lalay yang terkenal sebagai green-canyon kebanggaan Majalengka ini lokasinya tidak jauh dari Curug Maja.

Akses menuju gua ini tergolong cukup sulit karena kamu harus melewati jalan setapak dengan jurang yang cukup dalam di sebelah kanan dan kirinya.

Namun, jurang tersebut menambah keindahan gua dan membuat petualangan menjadi lebih menantang.

Setelah sampai di dalam gua, kamu bisa melihat danau kecil yang dibentuk oleh air yang mengucur deras ke dalam goa.

Suasana di dalam gua terasa sangat sejuk dan minim cahaya. Hal tersebut juga menambah daya tarik dan sensasi petualangan di Goa Lalay.

Untuk wisatawan yang suka berpetualang, Goa Lalay wajib kamu masukkan ke dalam daftar tempat wisata alam di Kuningan dan Majalengka yang wajib dikunjungi.

3. Telaga Herang

Danau kecil ini terletak di perbatasan tiga desa, yakni Desa Jerukleueut, Padaherang, dan Lengkong Kulon.

Telaga Herang memiliki keindahan yang luar biasa dengan pepohonan rimbun di sekelilingnya. Sangat cocok untuk wisatawan yang senang memotret keindahan alam.

Sesuai namanya, Talaga Herang memiliki arti telaga yang airnya jernih. Kamu dapat melihat ikan dan dasar danau secara langsung karena kejernihan airnya.

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini, seperti bermain air, mengarungi telaga menggunakan becak air, atau bahkan berenang di telaga yang jernih.

Di sekitar telaga juga terdapat berbagai rumah makan yang siap melayani wisatawan yang kelaparan ataupun sekadar ingin beristirahat.

4. Situ Cikuda

Terletak di Desa Padaherang, Kecamatan Singdangwangi, Situ Cikuda termasuk salah satu tempat wisata Kuningan dan Majalengka yang sedang dikembangkan.

Situ Cikuda memiliki luas sekitar 2 hektare namun dikelilingi oleh hutan tropis seluas 5 hektare yang membuat panoramanya semakin menarik.

Rencananya, hutan tersebut akan dikembangkan menjadi fasilitas untuk menunjang berbagai aktivitas wisata.

Di danau ini, pengunjung bisa bermain air, menyewa perahu, dan bersantai sambil menikmati suasana alam yang asri. Paling pas untuk dikunjungi bersama keluarga.

5. Air Terjun Muara Jaya

Air terjun yang oleh penduduk sekitar sering disebut juga Curug Muara Jaya ini memiliki ketinggian sekitar 73 meter.

Dengan keindahan luar biasa dan suasana yang lestari, sejuk, dan menyegarkan, tidak salah kalau curug ini masuk ke dalam daftar tempat wisata di Kuningan dan Majalengka yang wajib dikunjungi.

Curug Muara Jaya merupakan tempat yang pas untuk bermain air, piknik bersama keluarga, ataupun sekadar berfoto ria.

Ada juga tempat peristirahatan yang jaraknya tidak jauh dari air terjun ini, sehingga para pengunjung bisa lebih santai menikmati air terjun ini.

Curug ini berada di Kampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura dan dapat ditempuh dengan kendaraan umum dari Terminal Maja.

6. Air Terjun Sawer

Air Terjun Sawer masih terletak di sekitar Air Terjun Muara Jaya, di Desa Argalingga. Secara administratif dikelola oleh Perum Perhutani RPH Argalingga, BKPH Maja, dan KPH Majalengka.

Air terjun ini memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dari air terjun sebelumnya.

Pepohonan rindang yang tumbuh di kiri dan kanan air terjun, ekosistem lingkungan yang masih asri, serta lokasi yang masih tersembunyi menjadi daya tarik utama dari Air Terjun Sawer.

7. Bukit Alam Hejo

Bukit Alam Hejo yang terletak di kaki Gunung Ciremai, Desa Pasirayu ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Kuningan dan Majalengka yang wajib dikunjungi.

Di sini terdapat banyak aktivitas dan tempat rekreasi yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga, semisal wahana berkonsep wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata edukatif untuk anak.

Lokasinya yang berada tepat di kaki Gunung Ciremai membuat Bukit Alam Hejo memiliki pemandangan indah dan udara sejuk yang menyegarkan.

Dengan lahan seluas 3,5 hektare, wajar bila Bukit Alam Hejo disebut sebagai objek wisata yang paling lengkap di Majalengka.

Untuk kamu yang menyukai wisata alam, Kuningan dan Majalengka bisa jadi pilihan yang sangat tepat karena banyak sekali tempat wisata di Kuningan dan Majalengka yang luar biasa indahnya.

Dijamin kamu tak akan kehabisan tempat untuk dikunjungi dan petualangan untuk dijelajahi di Kuningan dan Majalengka. (JV/TSS)