9 Masjid Tercantik di Indonesia. Yuk, Ibadah Sambil Wisata Religi!

by -
masjid tercantik di Indonesia
Sumber foto: weheartit.com/@x_Nunu

Jalajahnusae.com – Bagi umat muslim, masjid bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga tempat diskusi dan kajian. Itulah kenapa, banyak masjid tercantik di Indonesia dibangun dengan sebaik-baiknya agar para jamaah betah berlama-lama saat mengunjunginya.

Banyak masjid yang bangunannya megah dan indah, sehingga tak heran banyak orang yang berkunjung untuk beribadah sekaligus berwisata.

Masjid-masjid tersebut umumnya memiliki karakteristik serupa seperti arsitektur yang megah dan desain interior serta eksterior yang indah.

Berikut daftar masjid tercantik di Indonesia yang wajib kamu kunjungi untuk beribadah sekaligus berwisata religi.

Masjid Tercantik di Indonesia yang Layak Dikunjungi

1. Masjid Agung Al-Falah, Jambi

Pertama kali berkunjung, kamu pasti akan langsung terpukau melihat masjid ini. Masjid Agung Al-Falah sangat unik karena tidak ada pintu maupun jendela yang membatasi ruangan di dalamnya.

Masjid ini sengaja dibangun demikian karena memiliki nilai filosofi yakni menyambut siapa pun yang ingin beribadah dengan tangan terbuka.

Meskipun dijuluki masjid seribu tiang, sebenarnya masjid ini hanya memiliki 288 tiang.

Namun, karena jumlah tiangnya yang banyak, masyarakat mengingat masjid ini dengan nama tersebut agar lebih mudah.

Masjid tercantik di Indonesia yang pertama ini terletak di Jalan Sultan Thaha Beringin, Legok, Telanaipura, Kota Jambi.

2. Masjid Raya An-Nur, Bintan

Jika kamu pernah mendengar tentang masjid berdinding atau berkubah warna-warni, kamu juga harus tahu tentang masjid pink yang satu ini.

Lokasi masjid tercantik di Indonesia yang kedua ini berada di Jalan Raya Kawal, Gn. Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Masjid ini tampak kecil dari kejauhan. Namun, jika kamu memperhatikan dengan saksama, aksen keemasan di kubahnya semakin mempercantik keindahan masjid.

Begitu masuk, kamu akan takjub dengan desain bagian dalam kubah yang megah dan instagrammable!

Kamu bisa menjelajahi wisata religi di Masjid Raya An-Nur ini sekaligus mengeksplorasi destinasi wisata indah di Bintan lainnya.

3. Masjid Asmaul Husna

Jika kamu berjalan-jalan ke Center Point of Indonesia (CPI), Pantai Losari, Makassar, maka kamu akan melihat masjid ini di anjungan.

Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid 99 Kubah ini menelan biaya pembangunan Rp160 miliar yang membuatnya dapat menampung hingga 13.075 jamaah.

Selain menjadi salah satu masjid tercantik di Indonesia, bangunan hasil desain Ridwan Kamil ini disebut sebagai proyek termegah yang ada di Indonesia Timur tahun 2019.

4. Masjid Muhammad

Meskipun mayoritas penduduknya beragama Hindu, namun ada banyak masjid dan musala tersebar di Bali. Beberapa di antaranya bahkan memiliki ukuran yang cukup besar.

Salah satunya yaitu Masjid Muhammad yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol No.335, Pemecutan Klod, Denpasar Barat, Kota Denpasar.

Dari jalan raya, masjid ini tak tampak begitu besar. Tetapi, ketika masuk kamu akan terkesima memandangi masjid yang megah ini.

Masjid ini memiliki empat pintu besar yang merupakan replika pintu Masjid Nabawi.

Setiap pintu dinamakan dengan nama-nama dari Khulafaur Rasyidin, yakni Abu Bakar, Umar bin Khattab, Ali bin Abi Thalib, dan Utsman bin Affan.

Setiap harinya ada jadwal kegiatan keagamaan, maka dari itu masjid ini selalu ramai.

Selain beribadah, di sini juga kamu bisa melakukan wisata menyaksikan salah satu masjid tercantik di Indonesia.

5. Masjid Khadija (Sleman)

Masjid Kristal Khadija mungkin tergolong mini, tetapi setiap sudutnya membuatmu ingin mengabadikannya.

Dinding dan atap masjid ditutup dengan instalasi kaca beraneka warna, terinspirasi dari masjid di Dubai.

Ditambah dengan pola keramik lantainya yang bermotif floral cantik serta kehadiran air mancur di halaman masjid, kamu pasti betah berada di masjid ini.

Masjid Kristal Khadija berdiri di lokasi SMP dan SMA Budi Mulia Dua, Sleman, Yogyakarta. Daerah tepatnya yaitu di Kenayan, Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY.

Jaraknya terbilang dekat dengan Bandara Adi Sucipto. Jadi, bagi kamu yang merayakan momen Idulfitri bersama keluarga di Yogyakarta atau Sleman, bisa mampir dulu ke sini.

6. Masjid AR. Fachrudin, Malang

Jika kamu sedang berkunjung ke Kota Batu dan sekitarnya, jangan lupa mampir ke salah satu masjid tercantik di Indonesia ini ya.

Lokasinya berada dekat dengan Terminal Landungsari, Malang, tepatnya di Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas, Kota Malang, Jawa Timur.

Tidak hanya bangunan masjid yang akan membuatmu terpesona, tetapi juga kompleks Universitas Muhammadiyah Malang yang sangat luas dan megah.

Masjid AR. Fachrudin terdiri dari lima lantai. Jika masuk dari pinggir jalan raya, kamu akan langsung menemukan tempat shalat yaitu lantai tiga sampai lantai lima.

Sementara jika masuk lewat belakang (bagian dalam kampus), kamu akan menemukan kantin, koperasi, ATM, dan poliklinik di lantai satu.

Lalu, lantai dua digunakan untuk kantor takmir masjid, tempat wudu, aula, dan perpustakaan.

7. Masjid Ramlie Musofa, Jakarta Utara

Di daerah Danau Sunter, Jakarta Utara ada salah satu masjid tercantik di Indonesia yang belakangan ramai dijadikan destinasi wisata baru, yaitu Masjid Ramlie Musofa.

Warga Jakarta maupun wisatawan dari luar kota sering mampir untuk salat ataupun sekadar mengagumi keindahan masjid yang mirip dengan Taj Mahal ini.

Masjid seluas 2.000 meter persegi ini dibangun di perumahan Jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok I/10 No.12C-14A, Kota Jakarta Utara, Jakarta.

Pendirinya merupakan Ramli Rasidin, seorang mualaf keturunan Tionghoa yang ingin membuktikan cintanya kepada Islam melalui masjid ini.

8. Masjid Azizi, Langkat

Jika kamu melakukan kunjungan wisata religi ke sejumlah masjid tercantik di Indonesia, rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi masjid bersejarah ini.

Masjid Azizi jadi yang tertua di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Pembangunannya dimulai pada tahun 1899 dengan mengusung gaya arsitektur Turki dan Arab.

Sejak dahulu, masjid ini memiliki warna kuning dan hijau yang jadi ciri khas kebudayaan bangsa Melayu.

Masjid peninggalan Kesultanan Langkat ini berlokasi di Jalan Masjid No.1, Pekan Tanjung Pura, Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

9. Masjid Islamic Center (Samarinda)

Setiap kota besar di Indonesia memiliki masjid agung atau masjid raya, tak terkecuali Samarinda yang memiliki masjid terbesar kedua di Asia Tenggara.

Lokasinya berada di Jalan Pangeran Bendahara, Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Tak tanggung-tanggung, luas bangunannya mencapai 43,500 meter persegi dengan tujuh menara pencakar langit setinggi 99 meter yang menyimbolkan Asmaul Husna.

Selain itu, anak tangga dari lantai dasar hingga ke lantai utama masjid berjumlah 33 buah, melambangkan jumlah biji tasbih.

Mengunjungi deretan masjid tercantik di Indonesia untuk beribadah sekaligus berwisata religi merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat.

Selain menyenangkan, kamu bisa memetik banyak pelajaran dari setiap masjid yang dikunjungi!