10 Rekomendasi Pantai Cantik di Pacitan. Sejauh Mata Memandang Bikin Seger!

by -
pantai soge pacitan
Pantai Soge Pacitan - Sumbeer: pantainesia.com

Jalajahnusae.com – Pacitan merupakan sebuah kota yang terletak di timur Pulau Jawa. Kota ini menyimpan pesona alam yang luar biasa, salah satunya adalah pantai. Pacitan juga disebut sebagai kota seribu ombak. Setidaknya ada 85 pantai di Pacitan yang melalui di tujuh wilayah kecamatan, yakni Sudimoro, Ngadirojo, Tulakan, Kebonagung, Pacitan, Pringkuku, dan Donorojo.

Kamu perlu masukan Pacitan ke dalam daftar destinasi liburanmu ya! Berikut sepuluh pantai cantik di Pacitan.

Rekomendasi Pantai di Pacitan yang Cantik nan Menawan

1. Pantai Taman

Saat liburan ke Pacitan, jangan lupa mampir ke Pantai Taman di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo. Pantai ini jarang dijamah wisatawan membuat alamnya masih asri. Pantai yg menawarkan pesona alami ini memiliki keistimewaan menyajikan keindahan pantai berikut dengan konsep wisata pendidikannya.

Saat siang kamu bisa menikmati birunya langit dan indahnya pesona Pantai Taman. Semakin betah saat matahari mulai perlahan-lahan menghilang dan warna langit berubah kemerahan membuat Pantai Taman semakin menakjubkan.

2. Pantai Soge

Saat kamu melakukan perjalanan darat melewati jalur pantai selatan Kabupaten Pacitan, kamu boleh mampir sejenak menikmati keindahan Pantai Soge. Pantai yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo ini hanya berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat kota.

Bagi sebagian orang, kawasan pantai Soge ini agak mirip dengan Great Ocean Road di Australia atau Pantai Senggigi di Lombok yang keindahan pantainya bisa dinikmati dari pinggir jalan. Keindahan Pantai Soge merupakan perpaduan antara bukit kapur, geometri jalan, pantai, sungai, dan muara sungai.

3. Pantai Batu Wale

Batu Wale termasuk destinasi wisata pantai di Pacitan yang tergolong baru, atau baru dikelola oleh pemerintah desa setempat mulai tahun 2017 lalu.

Pemandangan di kawasan pantai Watu Bale ini begitu indah. Pantai Watu Bale ini juga bisa dibilang tidak memiliki pantai berpasir, tapi tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan laut selatan, atau dikenal dengan istilah tanjung berbukit.

4. Pantai Pidakan

Pantai Pidakan adalah salah satu pantai yang direkomendasikan saat kamu mengunjungi Pacitan. Pantai yang terletak di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan ini memiliki ciri khas bebatuan yang menyelimuti hampir 70 persen garis pantainya. Saat kamu menikmati panorama pantai ini, kamu akan dimanjakan dengan terapi batu yang bisa jadi akan semakin melancarkan aliran darah dalam tubuh. Di Pantai ini terdapat banyak batuan alam dengan berbagai variasi bentuk maupun ukuran.

5. Pantai Teleng Ria

Salah satu obyek wisata pantai di Pacitan adalah Pantai Teleng Ria. Pantai yang terletak di Desa Sidoharjo Kecamatan Pacitan ini menjadi pantai yang asyik untuk bermain pasir karena bibir pantai yang luas.

Pantai ini cocok untuk dikunjungi saat berlibur bersama keluarga. Suasana pasir putih dan kecoklatan yang bersih menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Kamu bisa bermain di bibir pantai dengan leluasa. Namun disarankan untuk berhati-hati, mengingat ombak laut selatan yang ganas.

6. Pantai Pancer

Pantai Pancer merupakan bagian pantai dari teluk Pacitan yang berada di sisi paling timur Pantai  Teleng Ria, berhadapan langsung dengan samudera hindia dan berlokasi di Kelurahan Ploso, Pacitan. Pantai ini memiliki panorama yang mempesona dengan deburan ombak khas laut selatan. Di pantai ini juga ditanam tumbuhan cemara yang berfungsi sebagai sabuk laut.

Lalu ada ombak besar yang sering di manfaatkan oleh para peselancar untuk menunjukan kebolehanya melawan arus ombak yang tinggi. Sehingga tak heran di Pantai Pancer sering di gunakan untuk bermain surfing oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

7. Pantai Watu Karung

Salah satu pantai terbaik di Pacitan yang bisa kamu jadikan tempat untuk menikmati liburan adalah Pantai Watukarung. Dengan ciri khas pasir putih, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri.

Pantai ini terletak di Dusun Ketro, Desa Watu Karung, di Kecamatan Pringkuku Pacitan, jarak dari Kota Pacitan kurang lebih sekitar 25 sampai 30 kilometer. Jalan menuju pantai ini cukup sulit untuk dicapai karena hanya melalui jalanan menanjak yang kecil dan berliku, sehingga perjalanan ke pantai Watu Karung memerlukan kewaspadaan yang tinggi.

8. Pantai Kasap

Pantai ini terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, yakni Pantai Kasap. Di sini terdapat sebuah bukit yang menyuguhkan pemandangan beberapa gugusan pulau hijau. Padang rumput hijau di atas bukit tersebut menawarkan pesona yang serupa dengan kawasan Painemo di Raja Ampat.

9. Pantai Srau

Salah satu pantai terbaik yang dimiliki oleh Pacitan adalah Srau. Pantai Srau adalah satu dari sekian banyak pantai di Pacitan yang menjadi tujuan favorit para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Selain memiliki pesona pantai, ombak dan batu karang yang indah, pantai yang terletak di Dusun Srau, Desa Candi, Pringkuku, Pacitan ini memiliki pesona lain yang tak kalah menariknya, yakni lembayung senja.

10. Pantai Klayar

Pantai ini terletak di dua dusun, yakni sebagian Dusun Kendal dan sebagian Dusun Sambi, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo. Jika ditempuh dari kota Pacitan jaraknya sekitar 35 kilometer.

Klayar adalah pantai dengan karakteristik berupa hamparan pasir putih, air laut yang berwarna biru atau bisa juga disebut hijau tosca, batu karang yang mempesona, dan air mancur alami.

Kamu pasti bingung memilih pantai mana! Jangan bingung, kamu juga bisa kunjungi semuanya karena kawasan pantai ini terbilang saling berdekatan. Jangan lupa jaga kebersihan ya! Baca artikel menarik lainnya di Jalajahnusae.com.