Berwisata Bersama Balita? Simak 6 Tips Berikut Ini!

oleh -
Tampak pasangan orang tua bersama sang anak berwisata ke Pantai Wedi Ombo, Yogyakarta. (Foto JalajahNusae/Iwan)

JALAJAHNUSAE.com – Melakukan perjalanan wisata (traveling) bersama balita, pasti menjadi impian setiap pasangan orang tua. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengajak balita berwisata. Anak bisa langsung belajar dan bersentuhan dengan alam dan lingkungan baru. Membantu menstimulasi tumbuh kembang anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Selain itu, banyak keuntungan yang diperoleh saat membawa balita traveling. Seperti biasanya ada harga khusus untuk transportasi dan tiket masuk wahana untuk anak-anak balita. Tentu saja hal ini bisa membantu menghemat budget liburan.

Akan tetapi melakukan traveling bersama balita, butuh persiapan matang agar anak tidak rewel dan tetap menikmati perjalanan. Menjaga mood anak sangat penting, karena akan berpengaruh juga kepada mood orang tuanya.

Pastikan perjalanan wisata bersama anak balita Anda menjadi momen perjalanan yang berkesan. Untuk itu, Anda bisa menyimak tips berikut ini agar nyaman traveling bersama balita.

Jaga Kesehatan Anak

Sebaiknya Anda terlebih dahulu membawa anak ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini dilakukan agar kita lebih tenang, jika tahu bahwa anak dalam kondisi yang fit untuk berlibur. Pastikan juga anak tidak terlalu kelelahan dan mengkonsumsi makanan bergizi sebelum pergi traveling.

Destinasi Ramah Anak

Saat menentukan tujuan wisata, kita harus mencari pilihan destinasi liburan yang ramah anak. Misalnya kota yang ada wahana bermain, kebun binatang, atau pertunjukan tokoh kartun. Boleh juga membawa anak ke wisata alam seperti pantai, perkebunan, atau persawahan, sehingga bisa memberikan edukasi kepada anak bahwa hiburan tidak selalu harus ke wahana bermain. Alam pun bisa menjadi tempat bermain dan belajar yang menyenangkan.