Menelusuri Jejak Misteri di Gua Kontilola Wamena

oleh -
Suasana di mulut Gua Kontilola. (Dok. pesona.travel)

JALAJAHNUSAE.com – Tanah Papua memang memiliki sejuta pesona, hingga menjadi destinasi menarik untuk petualangan alam terbuka. Salah satunya menelusuri jejak misteri dalam kegelapan Gua Kontilola di Wamena, Papua.

Bersumber dari laman pesona.travel, nama Kontilola berasal dari bahasa Papua yaitu “Konti” yang berarti kelelawar dan “Eiola” berarti lubang besar atau gua. Dari asal kata tersebut, maka Kontilola dapat diartikan sebagai gua kelelawar.

Lokasinya terletak di Lembah Baliem, sebelah barat daya Kota Wamena dengan jarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota. Ditempuh dengan perjalanan yang tidak mudah. Untuk mencapai gua, pengunjung harus mendaki perbukitan yang cukup terjal dan menapaki anak tangga hingga mulut gua. Oleh karenanya perlu jasa pemandu untuk membantu menuju gua.

Namun rasa lelah dari perjalanan yang berat tersebut, akan terkikis rasa takjub begitu tiba di mulut gua. Di sana, pengunjung akan disuguhi aula besar berhiaskan stalaktit dan stalakmit. Tak jauh dari aula yang pertama, terdapat aula kedua yang tidak kalah besar dan juga memesona.