Menikmati Nuansa Afrika di Taman Nasional Baluran

oleh -
Taman Nasional Baluran. (Foto Indonesia.go.id/Ratna Nuraini)

JALAJAHNUSAE.com – Ingin berlibur akhir tahun di Indonesia namun dengan nuansa savana khas Benua Afrika, bisa mencoba berkunjung ke Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. Di sana terdapat berbagai macam ekosistem flora dan fauna dengan pesona alam yang indah hingga dijuluki Little Africa of Java.

Secara administratif, Taman Nasional Baluran berada di Kecamatan Wongsorejo dari sisi Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Menurut sejarahnya, taman nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah itu, yakni Gunung Baluran.

Perjalanan Baluran menjadi taman nasional diawali dari pengamatan AH Loedeboer, seorang pemburu asal Belanda yang melihat potensi Baluran menjadi kawasan bagi perlindungan satwa, khususnya jenis mamalia besar pada 1928.

Kemudian pada 1930, Direktur Kebun Raya Bogor KW Dammerman, mengusulkan agar kawasan Baluran dijadikan sebagai hutan lindung. Di era kemerdekaan, Menteri Pertanian dan Agraria menetapkan kawasan itu sebagai suaka margasatwa pada 11 Mei 1962.

Selanjutnya, kawasan Baluran ditetapkan sebagai taman nasional pada 6 Maret 1980. Penetapan tersebut sebagai bentuk kepedulian bangsa Indonesia terhadap pelestarian dunia. Di taman nasional itu terdapat tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim hujan, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan sepanjang tahun (ever green).