Bukit Wairinding, Gelombang Keindahan dari Sumba Timur

oleh -
Lanskap perbukitan bergelombang Bukit Wairinding. (Foto pesona.travel)

JALAJAHNUSAE.com – Sumba Timur ternyata menyimpan destinasi wisata alam yang menakjubkan. Namanya Bukit Wairinding, sebuah lanskap perbukitan luas bergelombang dengan lekuk-lekuk yang mengagumkan. Bukit ini terletak di Desa Pambota Jara, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur. Pesona keindahannya membuat Bukit Wairinding menjadi salah satu destinasi favorit di Sumba.

Akses menuju Bukit Wairinding pun mudah digapai. Hanya berjarak sekitar 25 km di selatan Waingapu, Ibu Kota Sumba Timur, dan berada sekitar 50 meter dari sisi jalan trans Sumba. Lokasinya ditandai dengan sebuah rumah dan warung kecil yang berada di pinggir jalan. Setiap wisatawan yang melewati jalan tersebut, akan berhenti sejenak untuk berfoto dan menikmati pemandangan Bukit Wairinding yang elok dan mempesona.

Bukit Wairinding sering disebut “bermuka dua”, karena penampilannya akan sangat berbeda jika dikunjungi saat musim penghujan dan musim kemarau. Pada waktu musim penghujan tiba, bukit ini akan berwarna hijau dan seperti berada di perbukitan New Zealand. Sementara, saat musim kemarau, Bukit Wairinding akan berwarna kuning dan terasa seperti di Afrika. Bentuk lanskap bukit ini yang begitu cantik, membuat siapa pun yang datang akan terpesona pada pandangan pertama.

Keindahan lanskap perbukitannya yang menawan, akan terasa lebih lengkap dengan adanya anak-anak lokal yang hampir setiap harinya terlihat bermain di sekitar wilayah perbukitan. Mereka senantiasa akan menemani dan bercengkerama dengan tulus bersama para pengunjung yang datang.

Bagi yang ingin berkunjung ke Bukit Wairinding, tidak perlu merogoh kocek karena tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, Anda disarankan untuk mengisi buku tamu yang telah disediakan dan memberikan donasi seikhlasnya untuk kesejahteraan masyarakat setempat.*** (IG/Sumber: pesona.travel)