Menikmati Keunikan Air Situ Cipaten Yang Bisa Berubah-ubah Warna

by -
Ingin merasakan kejernihan air alami dengan berbagai ikan warna-warni, cobalah berkunjung ke Situ Cipaten, Majalengka, Jawa Barat. (Foto:IG-@widiniss)

MAJALENGKA, Jalajahnusae.com – Mengunjungi kawasan wisata di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat kita tidak saja disuguhkan pada keindahan alam Terasering Panyaweuyan.

Sebuah gugusan nan hijau di Kecamatan Argapura yang memberikan  pemandangan exotic dengan hamparan sawah yang terlihat seperti punden berundak.

Atau Gunung Panten Paralayang sebagai spot menajubkan karena kita bisa menikmati gemerlap lampu-lampu kota dan rona matahari terbenam.

Tapi ada satu lagi, destinasi wisata yang tidak kalah menariknya. Dia adalah situ Cipanten yang terletak lerang Gunung Kuning, Desa Salagedang Kecamatan Sindang.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Majalengka yakni hanya berjarak kurang lebih 16,2 Km atau dengan menggunakan kendaraan bermotor cuma memakan waktu perjalanan sekitar 26 menit.

Ada warna air di Situ Cipanten yang bisa  berubah-ubah. Kadang berwarna hijau tosca saat musim kemarau dan seketika berubah biru saat musim hujan.

Baca Juga: Majalengka Menawarkan Pariwisata Dengan Konsep Yang Berbeda

Saking jernihnya, kalian bisa melihat ikan-ikan berenang di tepi. Selain difungsikan sebagai tempat wisata, Situ Cipanten juga dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber perikanan air tawar serta sumber pengairan.

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini sangat terjangkau, sekitar Rp5.000 – Rp10.000. Di ini ada beberapa fasilitas seperti penginapan, musala, kamar mandi, dan area parkir kendaraan.

Situ Cipanten sudah ada sejak 1970-an. Saat itu, perawatannya belum begitu baik sehingga terkesan angker. Seiring berjalannya waktu, Pemerintah Desa Gunung Kuning bersama dengan pemuda setempat melakukan pembenahan yang membuat tempat wisata ini semakin indah.

Kini, banyak wisatawan yang berdatangan di akhir pekan untuk menghabiskan waktu bersama teman maupun keluarga.

Udara yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat wisata seluas satu hektare itu. Belum lagi fasilitas yang disediakan sangat cocok untuk wisatawan kekinian.

Baca Juga: Lembah Payaweuyan Majalengka Membuat Kang Emil Terpesona

Ada juga permainan air seperti bebek-bebekan dan perahu. Beberapa wisatawan juga ada yang menceburkan diri untuk berenang atau memancing.

Tak hanya menawarkan kesejukan dan kesunyian, banyak spot-spot foto Instagramable yang bisa ditemukan di sini.

Salah satunya perahu Titanic dan jembatan cinta. Bahkan, beberapa pasangan yang hendak menikah memanfaatkan tempat wisata ini untuk lokasi foto prewedding.

Pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana, seperti wahana perahu (Rp 5.000,-), Wahan Sepeda Gantung (Rp 20.000,-), Bebek Goes (Rp 20.000,- per 20 menit), Foto Kapal Titanic (Rp 2.500,-), Foto Jembatan Cinta (Rp 2.500,-) dan beberapa wahana lainnya yang bisa ditemukan.

Objek wisata Situ Cipaten mulai beroperasi pukul 08.00 WIB dan 17.15 WIB. (adh)