Batu Belimbing, Karya Alam yang Menakjubkan

oleh -
Batu Belimbing di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. (Foto JalajahNusae/Iwan)

JALAJAHNUSAE.com – Di luar keindahan pantai, Pulau Bangka juga menyimpan fenomena bentukan alam yang menarik berupa jajaran batu granit yang berdiri kokoh. Salah satu lokasi paling favorit untuk melihat kemegahan batu granit di Pulau Bangka adalah Batu Belimbing di Toboali, Bangka Selatan. Lokasinya mudah dijangkau, hanya diperlukan waktu tempuh sekitar 10 menit dari pusat kota Toboali.

Dikatakan Batu Belimbing karena bentuknya menyerupai buah belimbing. Irisan batunya terbentuk secara alami. Pengikisan karena curah hujan yang terjadi ratusan tahun ini akhirnya membentuk pola lubang yang unik mirip pola buah belimbing. Keindahan karya alam ini, konon hanya terdapat di Toboali, Bangka Selatan, kemudian di Pantai Romodong Belinyu Bangka, Pantai Anambas Riau, Ayer Rock Australia, dan Sin Zhuan Tiongkok.

Geowisata Batu Belimbing Toboali tersebut, tidak memiliki jam buka seperti pada umumnya. Jadi para wisatawan bisa datang kapan pun dan tak dipungut biaya alias gratis. Cukup membayar parkir kendaraan saja.

Pilihan waktu yang pas untuk berkunjung ke Batu Belimbing, yaitu pagi hari saat cuaca cerah dan pada sore hari saat matahari mulai kembali ke peraduannya seraya menikmati sunset di atas Batu Belimbing. Sangat menarik untuk latar foto Anda. Di sana pun, pengunjung bisa menikmati panorama Pantai Kelisut.*** (IG)