Sahid Garap Hotel di Bukhara,Ini 10 Wisata Klasik Nan Indah Di Uzbekistan

oleh -
Bukhara terletak tak jauh dari sebuah sungai panjang yang mengairi seluruh negeri Asia Tengah bernama Sungai Oxus atau Jeyhun atau Mulyan. Di kota kelahiran Imam Bukhari ini, wisatawan dapat menikmati beragam bangunan indah. Foto:IG-@hashtag.sk

JALAJAHNUSAE.com – PT Sahid Hotel Management & Consultant (Sahid hotel & resort) awal tahun 2020 akan me-launching Sahid Zarafshon Bukhara yang dibangun di Bukhara,Uzbekistan. Konsep hotel yang diusung atas kerjasama dengan Devel Eco Group LLC selaku pemilik hotel itu pun cukup modern.

Lalu apa sih yang menarik dari negara bekas pendudukan Rusia ini?

Pasti kalian akan berdecak kagum. Ternyata tanah kelahiran penulis hadist nabi Imam Al Bukhari ini menyimpan banyak keindahan bangunan kuno.

Ya, Uzbekistan sejak lama sebetulnya sudah dikenal sebagai  negara di Asia Tengah yang memiliki banyak legenda dan sastra.

Negara ini identik dengan padang pasir tanpa batas disertai deretan karavan unta, menara-menara anggun, madrasah-madrasah, makam berarsitektur oriental, hingga pemandangan budaya Islam abad pertengahan yang menawan.

Berikut beberapa tempat yang harus kalian kunjungi bila berkunjung ke Uzbekistan.

1.Makam Imam Al Bukhari 

foto:IG-@jalankeluarnegeri

Kompleks Makam Imam Al Bukhariy terletak di dekat Samarkand. Arsitektur yang disajikan menggunakan tradisi dan arsitektur nasional. Kompleks ini terdiri dari sebuah makam, masjid, kantor administratif, dan beberapa bangunan lainnya.

Makam Imam Al Bukhariy berada di tengah kompleks. Bangunan makam ini berbentuk kubus yang tertutup kubah sepanjang 17 meter. Makam teolog ini ditutupi dengan marmer dan terletak di atas sebuah panggung.

Masjidnya terletak di sisi kiri halaman bagian dalam dengan kapasitas sekitar 1.500 Muslim. Dinding bangunan berhias lembaran mengkilap berwarna hijau, biru, dan putih, juga marmer, onyx, dan granit. Lantainya terdapat banyak dekorasi dan bagian dalam kubah ditutupi dengan ornamen berwarna indah.