Malasari, “The Heart of Halimun Van Java”

oleh -

JALAJAHNUSAE.com – Lanskap buatan berupa  pesawahan terasering langsung menghadirkan pemandangan indah nan eksotis ketika kita memasuki Desa Wisata Malasari di Kecamatan Nanggung, Gunung Pongkor,Kabupaten Bogor,Jawa Barat.

Terasiring disini tak kalah indahnya dengan yang terdapat di Pulau Bali. Keistimewaan lainnya adalalah perpaduan sawah yang membentang dan perkebunan teh Nirmala Agung yang tertata apik.

Sejak dulu  para leluhur penduduk Malasari dan Pemerintah kolonial Belanda memang sudah mendesain lingkungan sekitar sebagai tempat berlibur.

Keelokan Desa Wisata Malasari semakin mempesona di tambah dukungan kondisi geografi dan fisik Desa Wisata Malasari yang banyak memiliki air terjun serta aliran sungai dengan berbagi variasinya yang kerap melahirkan pelangi.

Tidak hanya itu, tradisi pertanian masyarakat dengan berbagai aktivitas pendukung kegiatan bercocok tanam sampai sekarang masih terjaga oleh hukum-hukum leluhur.

Akumulasi perilaku pertanian dapat terlihat dari beragam tradisi yang kerap menjadi hajatan tahunan seperti upacara seren taun serta sedekah bumi sebagai perlambang rasa syukur manusia terhadap Tuhan yang maha kuasa yang telah memberikan rezeki yang berlimpah melalui Bumi.

Upacara yang dirayakan setiap tahunnya sehabis masa panen dan sebelum masa bercocok tanam ini merupakan salah satu daya dukung tradisi masyarakat Malasari terhadap pengembangan kepariwisataan di sektor budaya.

Desa Wisata Malasari makin banyak dimintai wisatawan setelah masuk dalam kawasan Geopark Pongkor. Apalagi disini juga  terdapat tempat bersejarah yang dianggap penting dan telah menjadi simbol-simbol berartinya Malasari dalam sejarah peradaban manusia tempo dulu.

Seperti Pendopo Boepati 1947 yang menjadi cikal bakal Pemerintah Kabupaten Bogor dan beberapa benda peninggalan yang cukup tua, hal itu menjadi daya dukung warisan budaya masyarakat Malasari sebagai pembangkit kepariwisataan Desa Wisata Malasari.

Desa Wisata Malasari adalah Jantungnya Halimun, Desa Wisata Malasari merupakan salah satu desa wisata  yang memiliki kekayaan biodiversitas tertinggi di pulau Jawa, Jika wisata Halimun berjuluk “the hearf of Java ecotourism” maka Desa Wisata Malasari adalah Jantungnya Halimun atau dalam padanan bahasa Inggrisnya adalah “the heart of Halimun“

(adh)