9 Rekomendasi Destinasi Wisata Danau Toba yang Instagramable

by -
rekomendasi tempat wisata danau toba
Keindahan Danau Toba

Jalajahnusae.com – Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara sekaligus terbesar kedua di dunia. Memiliki luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, danau ini nampak menyerupai lautan. Selain bentangan danau, kawasan sekitarnya miliki spot yang bagus sebagai destinasi. Ini dia 9 destinasi wisata di sekitar Danau Toba yang cantik pun instagramable. 

Danau Toba terletak di Provinsi Sumatra Utara dan masuk di beberapa kabupaten di antaranya Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Karo, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Dairi. Dari kekayaan dan keindahannya membuat tempat sekitar danau ini menjadi destinasi wisata tersendiri. Kamu bisa datang ke destinasi berikut untuk relaksasi, olahraga ekstrem, hingga berfoto selfie.

Destinasi Wisata Danau Toba yang Harus Dikunjungi

Pasti kamu jadi pensaran enggak sih dengan beragam destinasi wisata Danau Toba tersebut? Langsung saja, simak rekomendasinya pada ulasan di bawah ini:

1. Bukit Indah Simarjarunjung

Destinasi ini jadi salah satu yang populer di sekitaran Danau Toba. Terletak di Kabupaten Simalungun, tempat ini jadi spot alternatif untuk menikmati keindahan danau. Bagaimana tidak, dari sana kamu bisa memandangi hamparan danau dari ketinggian. Belum lagi terdapat instalasi-instalasi yang instagramable.

2. Bukit Holbung

bukit holbung danau toba

Selain Simarjarunjung, bukit ini juga jadi alternatif untuk menikmati keindahan danau Toba, Bukit Holbung terletak di Kabupaten Samosir. Suasana yang tenang membuat orang bisa khusyuk menikmati paduan keindahan danau dan bukit yang hijau. Kamu bisa datang untuk singgah atau bermalam dengan mendirikan tenda. Ya! nggak jarang wisatawan yang datang untuk camping sambil menikmati danau dari ketinggian.

3. Pusuk Buhit, Samosir

Gunung sekaligus puncak tertinggi yang ada di kawasan Danau Toba ini menjadi tempat yang sakral bagi masyarakat sekitar. Mereka mempercayai Pusuk Buhit sebagai tempat lahirnya Suku Batak.

Bukit ini meliputi tiga kecamatan yakni Pangururan, Sianjur Mula-mula, dan Harian Boho. Pusuk Buhit menyuguhkan beragam pesona keindahan alam sekitar sekaligus panorama Danau Toba yang menakjubkan

4. Air Terjun Turunan Bolon/Air Terjun Naga

Air Terjun Turunan Bolon/Air Terjun Naga tempat wisata danau toba
sumber: twitter.com/A_Zikrii

Bagi kamu yang suka dengan tantangan wajib mengunjungi air terjun Turunan Bolon. Destinasi ini terletak di desa Tomuhan Holbung, Kabupaten Asahan.

Semburan air yang keluar dari celah bebatuan menjadikan air tejun Turunan Bolon ini dijuluki Air Terjun Naga. Perjalanan ke sini cukup ekstrem, setelah melalui pedesaan dengan berjalan kaki, kamu harus melalui jalanan bebatuan. Jika belum cukup ekstrem, sesampainya di sana kamu bisa mencoba arung jeram juga, lo!

5. Air Terjun Situmurun Binangalom

Air Terjun ini jatuh langsung ke hamparan luas danau Toba. Destinasi ini terletak di desa Binangalom. Jika kamu menaiki kapal, akan terlihat megahnya air terjun dengan ketinggian 70 meter dengan 7 tingkatan, sangat cocok untuk selfie.

6. Kapal Pesiar Danau Toba

kapal pesiar danau toba
sumber: cometoliketoba.com

Menikmati indahnya danau Toba sambil menaiki kapal pesiar mewah, Kamu akan merasa seperti Jack dan Rose di film “Titanic”. Kapal pesiar ini membawamu mengarungi kemegahan danau toba melewati celah yang memisahkan pulau Samosir dengan Sumatera. Tidak diragukan, kemewahannya membuatmu ingin selfie terus.

7. Puncak Sidiangkat, Sidikalang

Puncak Sidiangkat terletak di Kabupaten Dairi. Kamu tidak akan bosan mengambil gambar pemandangan bersama teman atau selfie di instalasi berbentuk sangkar burung. Instagramable!

Selain itu, dari atas bukit Kamu bisa memandang keindahan danau Toba sambil menikmati udara yang sejuk. jangan lupa tentunya, unggah foto ke Instagram setelah berfoto ria di sana ya!

8. Lembah Bakkara

lembah bakkara danau toba

Bakkara terletak di wilayah pinggiran barat daya Danau Toba. Di sini terdapat tujuh desa atau huta yang begitu indah. Tak perlu pergi ke tanah Odin di Norwegia, Lembah Bakkara tak kalah menakjubkan dari lembah Stryn. Di sana kamu bisa menaiki paralayang untuk merasakan keindahan alam Danau Toba dan hutan dari ketinggian. Selain itu terdapat menara Pandang Tele yang bisa didatangi untuk melihat pemandangan dari ketinggian lebih.

9. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Satu lagi wisata Danau Toba yang cocok untuk berfoto ria ialah Sapo Juma. Tempat ini sebenarnya adalah sebuah villa yang menghadap langsung ke Danau Toba.

Di sekelilingnya terdapat taman bunga yang sangat cantik. Kamu bisa datang kesini bersama sahabat, keluarga atau yang terkasih. Kebun Bunga yang berlokasi di Desa Tongging Kabupaten Karo ini seakan menjadi sisi paling romantis dari Danau Toba. (JV/TSS)