Menikmati Pesona Pantai Indah dan ‘Taj Mahal’ di Pulau Natuna

oleh -
Alif Stone Park Natuna. (Foto Pesona Indonesia)

JALAJAHNUSAE.com – Pulau Natuna yang masuk wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memiliki potensi wisata pantai yang indah dan ikon unik berupa “Taj Mahal-nya” Indonesia. Pulau yang berhadapan langsung dengan Laut China Selatan ini, terdiri dari banyak gugusan pulau-pulau yang indah.

Nama “Natuna” berasal dari Bahasa Belanda yaitu “Natunae” yang berarti “alami”. Kata tersebut diambil sangat beralasan, karena di pulau ini terdapat gugusan pulau dengan panorama alam yang sangat indah dan masih alami.

Adapun pulau-pulau kecil di kepulauan yang dikelilingi laut lepas tersebut, antara lain Pulau Bunguran, Seno, Jemasa, Serasan, Midai, Bintang, Sedanu, dan Laut. Dengan kondisi geografis seperti itu, menjadikan Pulau Natuna mempunyai banyak sekali tempat wisata yang bisa memanjakan mata.

Salah satu spot yang wajib dikunjungi wisatawan dan menjadi ikon wisata Natuna, yakni Alif Stone Park, di Desa Sepempang. Alif Stone Park berupa gugusan batu granit besar yang tersebar sepanjang pantai dengan pemandangan yang menakjubkan. Nama Alif sendiri berasal dari batu yang berdiri tegak di tengah laut menyerupai huruf hijaiyah “Alif” dalam tulisan Arab.

Masjid Agung Natuna yang disebut-sebut sebagai Taj Mahal-nya Indonesia. (Foto Pesona Indonesia)

Spot wisata bahari lainnya yang tak kalah indah yaitu Pulau Senoa. Pulau kecil yang berbatasan langsung dengan Malaysia bagian Timur. Pemandangan alamnya sangat menakjubkan, di sana wisatawan bisa snorkeling sambil menikmati jernihnya air dan terumbu karangnya yang indah.

Selain pesona alamnya, di Pulau Natuna juga terdapat Masjid Agung Natuna, atau biasa disebut Masjid Raya Natuna. Masjid yang dibangun pada 2007 lalu ini, merupakan tempat yang menjadi kebanggaan masyarakat Natuna.

Masjid Agung Natuna berlokasi di pusat kota Pulau Natuna, Kota Ranai. Desain dan arsitektur masjidnya mengandung banyak nilai filosofis Islam dan diakui sebagai masjid termegah di Kepulauan Riau. Bahkan disebut-sebut sebagai “Taj Mahal-nya” Indonesia, karena bangunannya yang mirip dengan Taj Mahal di India.***(IG/sumber: Pesona Indonesia)