9 Pantai di Ambon Maluku yang Wajib Kamu Kunjungi. Ada yang Mirip Maldives!

by -
pantai di ambon maluku - pantai ora

Jalajahnusae.com – Ingin mengunjungi pantai-pantai eksotis layaknya di luar negeri? Coba kunjungi deretan pantai di Ambon Maluku, deh. Keindahan pantai-pantai di Maluku tak kalah dengan Maldives atau Hawaii, kok

Banyak wisatawan yang tercuri perhatiannya oleh eksotisme wisata pantai di Ambon.

Sayangnya, informasi yang minim mengenai destinasi wisata di Ambon membuat tempat ini masih kalah populer dibanding destinasi lainnya semisal Bali dan Raja Ampat.

Padahal, Ambon menyimpan banyak keindahan mulai dari wisata budaya, kuliner, hingga wisata alam seperti deretan pantai indah bak surga!

Dijamin kamu akan takjub melihat keindahan wisata pantai di Ambon yang tak kalah dengan pantai-pantai eksotis di luar negeri sana.

Berikut ini daftar pantai di Ambon Maluku yang sayang jika dilewatkan.

9 Pantai di Ambon Maluku yang Sangat Cantik dan Eksotis

  • Pulau Pogo-Pogo

Pulau Pogo-Pogo adalah salah satu pantai di Ambon Maluku yang menjadi surga wisata bawah laut.

Pulau tak berpenghuni ini menghadirkan pemandangan pasir putih dan laut berwarna biru kehijauan yang sangat jernih.

Di pulau ini, kamu bisa mencoba beberapa kegiatan air seperti snorkeling dan berenang.

Keindahan bawah lautnya yang memesona pastinya bikin kamu betah berlama-lama untuk menyelam dan menelusurinya.

Jika tidak ingin snorkeling atau berenang, kamu bisa bermain dan bersantai di pinggir pantainya.

Hamparan pasir putih yang luas dan lembut serta jernihnya air laut di pulau ini pastinya akan membuat kamu terkesima.

Cara terbaik untuk bisa menuju Pulau Pogo-Pogo yaitu kamu harus menyewa speedboat dengan harga Rp1,5 juta untuk pulang dan pergi.

Waktu tempuh untuk menuju Pulau Pogo-Pogo yaitu sekitar 1 jam dari Pelabuhan Habibi, Labuhan.

  • Pantai Luari

Pantai Luari adalah pantai di Ambon Maluku berikutnya yang juga menjadi tempat favorit para wisatawan untuk bermain pasir, berenang, hingga menyantap kuliner lokal.

Letak Pantai Luari langsung menghadap ke Samudra Pasifik sehingga pengunjung bisa langsung menikmati pemandangan laut birunya yang membentang sangat panjang.

Tempat ini juga sangat cocok untuk kamu yang suka berburu sunset dan sunrise!

Cara untuk menuju ke Pantai Luari bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Jika menggunakan kendaraan umum, kamu bisa menaiki angkutan umum jurusan Tobelo-Galela dan kemudian turun di depan Pantai Luari.

  • Pantai Liang

Tempat yang memiliki nama lain Pantai Hunimua ini terletak di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Ambon. Jarak dari pusat Kota Ambon sekitar 40 km.

Pantai Liang memiliki panorama alam indah yang sangat menyejukkan mata dan pikiran.

Hamparan pasir putih yang berpadu dengan air laut jernih berwarna kebiruan menjadikan pantai ini sebagai objek wisata yang sangat populer di Maluku.

Bahkan, pada tahun 1991 pantai ini pernah dinobatkan PBB sebagai pantai terindah di Indonesia.

Kamu tak perlu takut dengan gulungan ombaknya karena ombak di pantai ini tidaklah terlalu besar, cocok untuk berenang, snorkeling, hingga diving.

  • Pantai Natsepa

Pantai di Ambon Maluku berikutnya yang juga sangat eksotis yaitu Pantai Natsepa yang berada di Desa Suli, Maluku Tengah, sekitar 18 km dari pusat Kota Ambon.

Eksotisme Pantai Natsepa tak kalah dengan pantai-pantai lainnya terutama karena memiliki pasir putih dengan lanskap sekitar pantai yang sangat indah dan sejuk.

Kondisi air laut yang jernih membuatmu bisa leluasa berenang sambil melihat kerumunan ikan yang berkeliaran bebas di sini.

Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas air seperti snorkeling atau diving untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Selain itu, kamu juga bisa menyewa perahu untuk sekadar berkeliling pantai dan menikmati keindahan alam di sekeliling dari laut lepas.

  • Pantai Pintu Kota

Pantai Pintu Kota berada di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Maluku.

Pantai Pintu Kota memiliki keunikannya tersendiri yang bisa bikin kamu terpukau dengan pesona dan eksotismenya.

Selain memiliki air laut jernih kebiruan yang cocok untuk diving dan snorkeling, pinggiran pantainya juga dipenuhi batu karang yang eksotis.

Pantai ini juga memiliki sebuah tebing yang menjorok ke laut dengan sebuah lubang tepat di tengahnya yang tampak seperti pintu gerbang.

Dari situlah kemudian pantai ini dinamakan Pantai Pintu Kota. 

  • Pantai Nanseri

Pantai Nanseri terletak di Desa Kilang, Leitimur Selatan, Kota Ambon.

Pantai ini memiliki pasir pantai kecokelatan yang sedikit berbeda dengan kebanyakan dan air laut jernih sebening kristal hasil perpaduan warna biru dan toska.

Selain menawarkan eksotisme air lautnya, Pantai Nanseri juga menyuguhkan pemandangan cantik yang dijamin bikin kamu betah.

Di sini kamu bisa berenang atau snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya atau kamu bisa memancing ikan laut.

  • Pantai Desa Hukurila

Sesuai namanya, Pantai Desa Hukurila terletak di Desa Hukurila, Laha, Kota Ambon, Maluku.

Pantai ini termasuk salah satu pantai di Ambon Maluku yang terkenal dengan keindahan panoramanya.

Daya tarik utama dari Pantai Desa Hukurila ini terletak pada keindahan panorama alamnya serta keberadaan gua bawah laut yang sangat memesona.

Terumbu karangnya masih sangat terjaga dan asri, sehingga Pantai Desa Hukurila selalu menjadi andalan wisatawan yang ingin snorkeling atau diving.

Berbeda dari pantai Ambon lainnya, Pantai Desa Hukurila memiliki pasir berwarna kehitaman dan dipenuhi batu karang yang eksotis.

Posisi pantai yang langsung menghadap ke Laut Banda menjadikan pantai ini sebagai lokasi yang cocok untuk menikmati suasana sunrise dan sunset.

  • Pantai Namalatu

Pantai Namalatu berada di Desa Latuhalat yang jaraknya sekitar 14 km dari pusat Kota Ambon.

Pantai ini sama seperti Pantai Desa Hukurila yang langsung menghadap ke laut terdalam di Indonesia, yakni Laut Banda.

Tak seperti spot lainnya, pantai ini dipenuhi pecahan batu karang berukuran kecil berwarna putih yang menimbulkan ilusi seolah pantai ini memiliki pasir putih.

Kunjunganmu ke Pantai Namalatu akan terasa sangat istimewa setelah kamu menyaksikan air lautnya yang memiliki gradasi warna mulai dari bening, hijau emerald, hingga biru.

  • Pantai Ora

Pantai Ora terletak di Pulau Seram, Maluku dan dijuluki sebagai surga eksklusif yang tersembunyi di Maluku Tengah, bahkan disebut sebagai Maldives-nya Indonesia!

Pantai Ora merupakan salah satu dari sekian banyak pantai di Ambon Maluku yang sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara.

Di sini kamu akan menemukan pantai berpasir putih dengan air laut berwarna jernih, terumbu karang, serta biota laut yang masih sangat terjaga.

Lokasi Pantai Ora yang berada di dekat Taman Nasional Manusela membuatmu dapat sekaligus menikmati keanekaragaman hayati di tempat tersebut.

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan selain snorkeling, diving dan berjemur di tempat ini.

Kamu bisa menyusuri Sungai Salawi untuk melihat proses pembuatan sagu, pengambilan buah kelapa atau melihat ragam jenis burung di muara sungai di Teluk Sulaiman.

Keindahan pantai di Ambon masih alami. Bahkan sebagian spotnya tak berpenghuni.

Satu catatan penting jika kamu main kesini, kamu harus menjaga kebersihan dan kelestarian alam ya!