Menikmati Keindahan Likupang, “Taman Firdaus” di Sulawesi Utara | Dilengkapi Referensi Tempat Wisata

by -
likupang
Foto: booking.com

Jalajahnusae.com – Likupang merupakan suatu kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Memiliki luas 200 hektar, pantai ini berselimutkan pasir putih yang amat cantik. Tertarik untuk menjadikannya destinasi wisata dalam waktu dekat?

Kamu pasti tidak akan menyesal jika memutuskan untuk berkunjung ke pantai ini. Pasalnya, Pantai Likupang juga merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata. Presiden Jokowi sendiri telah menetapkan status Destinasi Super Prioritas untuk Likupang pada bulan Juli 2019.

Kawasan wisata ini pun memiliki beberapa spot yang dapat dikunjungi. Karena dinilai masih jarang dijamah wisatawan, kawasan ini sangat bersih dan alami. Beberapa pantai yang wajib dikunjungi di sekitar Likupang bisa kamu ketahui pada daftar di bawah ini.

Tempat Wisata di Likupang yang Cantik dan Instagramable

1. Pantai Pulisan dan Bukit Pulisan

Obyek wisata Pantai Pulisan merupakan pantai berpasir putih yang berada di Minahasa Utara tepatnya di Desa Pulisan, Kecamatan Likupang Timur. Berjarak 50 kilometer dari Kota Manado. Pantai Pulisan memiliki air laut yang tenang berwarna biru, batuan karang, dan pemandangan laut lepas yang bisa dinikmati. Bagi Kamu yang sangat suka snorkeling dan diving, atau untuk yang ingin tracking, terdapat bukit untuk sekadar menikmati suasana pantai dan laut dari atas.

2. Pantai Paal

Pantai terletak di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur. Pantai ini sudah cukup terkenal. Pantai berpasir putih selembut sutera berbalut perbukitan yang eksotis menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Pasir yang lembut hingga ombak yang bersahut-sahutan menyapu bibir pantai menjadi pemandangan indah. Di pantai itu sudah ada beberapa fasilitas seperti rumah panggung untuk kegiatan ibadah, toilet, dan lahan parkir yang memadai. Kamu juga bisa main banana boat untuk sedikit merasakan tantangan.

3. Pulau Lihaga

Pulau ini diyakini tak berpenghuni. Bagi yang pernah menonton film “Cast Away”, Kamu tidak perlu takut karena masih ada tour guide yang mengarahkan. Pulau yang terletak di Kecamatan Likupang ini terkenal dengan spot diving-nya yang menawan. Karena airnya yang jernih, biota laut akan sangat jelas dilihat. Selain diving atau snorkeling, di sore hari kita bisa juga menikmat sunset yang menenangkan.

4. Pulau Gangga

Pulau Gangga Likupang
Sumber: ganggaisland.com

Selain Pulau Lihaga, Kamu juga bisa menyelam dan snorkeling di Pulau Gangga. Biota alam bawah laut di pulau ini masih terjaga, dan air lautnya pun jernih. Pulau ini cukup jadi pilihan favorit karena di sini kamu bisa melihat sunset dan sunrise.

5. Ekowisata Desa Bahoi

Ekowisata Desa Bahoi
sumber: ekowisatadesabahoi.wordpress.com

Desa Bahoi berada di Likupang Barat. Bahoi merupakan desa nelayan yang memiliki ekowisata mandiri untuk menjaga ekosistem laut. Ada berbagai terumbu karang dan ikan yang dapat dijumpai di bawah laut. Ekowisata Desa Bahoi ini pun terdiri dari hutan bakau yang berada di tepi laut.

Ekowisata Bahoi merupakan wisata yang dikembangkan oleh masyarakat lokal. Kamu bisa menelusuri wisata yang ada di Desa Bahoi, seperti hutan bakau dan wisata pantai dengan bantuan para pelaku wisata setempat mulai dari pemandu wisata, instruktur selam, dan operator boat.

Ada sebuah jembatan unik yang menghubungkan desa dengan pesisir pantai. Uniknya jembatan tersebut dibangun tanpa merusak hutan mangrove. Jembatan dibuat mengikuti arah pertumbuhan mangrove.

6. Bukit Larata

Bukit Larata
sumber: lungan,com

Selain Bukit Pulisan, ada juga Bukit Larata yang terletak di Likupang Timur. Ini merupakan bukit savana dengan padang rumput membentang, berpadu dengan hamparan laut lepas. Keduanya akan langsung memanjakan mata. Kamu bisa menaiki puncak bukit dengan santai tanpa melewati medan yang sulit.

Seperti surga tersembunyi, kawasan Likupang menyimpan keindahan yang bisa dibilang masih jarang tersentuh. Beberapa destinasi bahkan bisa Kamu manfaatkan untuk belajar bagaimana menghargai alam dan menjaga kelestariannya.

Bagaimana, sudah siap untuk main ke “surga” Sulawesi Utara? Semoga ulasan dari Jalajahnusae.com di atas bermanfaat untuk kamu jadikan referensi, ya! (JV/TSS)