Tahura, Wisata Alam Kota Menakjubkan Buat Kalian yang Tidak Mudik

by -
Taaman Hutan Rakyat
Para pemandu di Taman hutan Rakyat (Tahura) Ir. Djuanda di Kota Bandung siap melayani wisatawan yang ingin menikmati keindahan beberapa spot wisata. Foto: Jalajah Nusae/Adhi)

BANDUNG – Buat kalian yang tidak bisa mudik, tempat wisata bersejarah ini bisa menjadi pilihan liburan pada saat Lebaran Idul Fitri.

Taman Hutan Raya Juanda atau dikenal dengan sebutan Tahura, tidak hanya bersejarah, tetapi  juga memiliki segudang fasilitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Terutama kalian yang tinggal di Kota Bandung dan sekitarnya, tidak begitu sulit untuk bisa menjangkau lokasi objek wisata ini.

Letak hutan konservasi ini dekat sekali dengan pusat kota Bandung. Kalian cukup naik ke arah Dago Pakar, dan akan ketemu langsung dengan gerbangnya.

Tahura  cocok sekali buat melepas penat; dekat, mudah di akses, dan udara segar.

Sekilas Tentang Taman Hutan Raya Juanda

Tahura Juanda adalah salah satu hutan raya yang menjadi kawasan konservasi alam. Hutan konservasi ini berada dekat sekali dengan pusat kota Bandung. Bisa dikatakan menjadi salah satu paru-paru Kota Bandung.

Awalnya luas hutan raya ini hanya 10 ha saja pada (1965), tapi sekarang sudah mencapai luas 590 ha dan membentang dari Dago Pakar sampai ke kawasan Maribaya Lembang.

Tahura  Bandung bisa dikunjungi oleh wisatawan setiap hari mulai dari pukul 8 pagi sampai dengan 6 sore. Terdapat banyak objek wisata didalam kawasan hutan raya Juanda.

Salah satu pelataran di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ir.Djuanda di Kota Bandung. Foto: Adhi

Siapakah Ir. H Djuanda?

Hutan raya ini dinamai dengan nama salah satu pahlawan negara kita, Ir. H Djuanda. Lalu siapakah beliau ini? dan apa jasanya?

Ir. H Juanda merupakan Perdana Menteri terakhir era demokrasi parlementer di negara kita. Beliau berjasa besar dalam deklarasi Djuanda  tanggal 13 Desember 1957.

Isi dari deklarasi tersebut adalah pernyataan bahwa semua pulau dan laut nusantara adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan.