5 Wisata Alam di Medan yang Cocok Dikunjungi Sambil Self Healing

by -
Air terjun dua warna di sibolangit medan sumatera utara. Air berwarna biru langit
sumber: Reddoorz blog

Jalajahnusae.com – Mengimpikan untuk berkunjung di Kota Medan suatu saat nanti? Selain keeksotisan kota dan kulinernya, banyak tempat wisata alam di Medan yang tak boleh kamu lewatkan. Suasananya adem dan cocok banget buat kamu yang butuh self healing.

Menenangkan pikiran dan merenungkan pengalaman adalah salah satu cara menjaga kesehatan mental kita.

Apalagi di kondisi pandemi seperti ini, mengingat kesehatan mental sangat berpengaruh juga terhadap kondisi fisik.

Sedang atau tinggal di Medan?

Jangan lewatkan kegiatan berwisata ke tempat yang tenang jadi pilihan banyak orang di sekitar kota ini.

Di sekitaran Kkota Medan terdapat pilihan tempat wisata alam yang cocok dikunjungi sambil meditasi dan menenangkan pikiran, lo. 

Simak rekomendasinya di bawah ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Medan

1. Batu Gantung, Parapat

batu gantung medan
sumber: pil-tei.com

Batu Gantung adalah sebuah pahatan alam berupa bebatuan yang terletak di Parapat, Sumatera Utara. Hampir seluruh wisatawan domestik dan mancanegara yang hendak ke Danau Toba dan Pulau Samosir, mampir ke Batu Gantung ini.

Penyematan nama Batu Gantung tidak lain adalah karena letak batunya yang tampak menggantung ke bawah.Batu ini terlihat menyerupai postur tubuh manusia dengan posisi lurus ke bawah dan keadaan terbalik. Banyak sekali legenda yang berkembang di masyarakat secara turun temurun tentang asal muasal terbentuknya fenomena alam ini.

Area di sekitar batu gantung cukup membuat kamu harus berhati-hati.Pasalnya tebing tempat batu gantung berada lokasi yang cukup tinggi dan kamu perlu melihat ke bawah untuk dapat menyaksikan secara penuh seputar detail batu gantung ini.

Lokasi batu khas ini berjarak sekitar 176 km dari ibukota Medan.Karena berdekatan dengan Danau Toba, maka area Batu Gantung dikelilingi pemandangan yang sangat indah dan suasana yang masih asri.

Seperti parodi kutipan lagu Koes Plus “Hati tenang walaupun tak punya uang”.

2. Air Terjun Dua Warna, Sibolangit

Air Terjun Dua Warna, Sibolangit

Air Terjun Dua Warna terletak di Kecamatan Sibolangit, Sumatera Utara. Airnya berasal dari Gunung Sibayak. Ketinggian Air Terjun Dua Warna berada pada 1270 mdpl.

Nama Dua Warna karena air terjun indah ini memang memiliki dua gradasi warna yang berbeda. Air yang tertampung dari pancuran bawah berwarna putih keabu-abuan sementara air terjun yang tumpah riuh dari atas berwarna biru muda.

Secara ilmiah, perbedaan warna ini disebabkan oleh airnya yang mengandung fosfor dan belerang. Menyegarkan pikiran dengan udara sejuk dan suara air bisa membantu memelihara kesehatan mental dan diri.

3. Tangkahan, Langkat

tangkahan gajah
Foto: kompas.com/Barry Kusuma

Tempat Wisata Tangkahan merupakan salah satu tempat ekowisata. Lokasi ini berada di Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat.

Kawasan wisata Tangkahan berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser. Luas areal wisata sekitar 17.000 hektar. Lokasi ini dapat dijadikan salah satu andalan wisata alam Indonesia bagian barat.

Dikelilingi kawasan hutan sangat pas untuk digunakan meditasi dan menyegarkan pikiran. Tangkahan dikenal sebagai tempat gajah-gajah liar. Satu kegiatan unik yang jarang ditemukan di tempat wisata lain adalah kesempatan bisa memandikan gajah dan menungganginya sambil menjelajah hutan.

4. Kawah Putih Tinggi Raja

Kawah Putih Tinggi Raja terletak di cagar alam seluas 176 hektare dan memiliki lahan kawah dengan luas 4 hektar.

kawah putih tinggi raja
sumber: lelungan.net

Ada dua objek destinasi yang bisa dikunjungi di sini. Pertama, bukit kapur yang di lalui oleh aliran air panas, sehingga membuat bebatuan ini menjadi indah dipandang oleh mata. Lalu ada juga keindahan karpet alam yang terbentuk dari aliran sungai yang berlumut dan dilewati oleh air panas menjadikan bebatuan tersebut seperti sebuah karpet yang berwarna hijau keputihan.

Lokasi ini masih jarang terjamah oleh masyarakat setempat, sangat mendukung untuk kegiatan menenangkan pikiran sambil belajar mengerti alam.

5. Vihara Adhi Maitreya

Melakukan kegiatan yang mendukung kesehatan mental juga bisa di tempat spiritual. Maha Vihara Adhi Maitreya sangat otentik, terutama bagi yang suka dengan bangunan berarsitektur unik. Hal ini membuatnya menjadi salah satu Vihara terbesar di Indonesia.

Vihara Adhi Maitreya
sumber: udarezae.blogspot.com

Suasana di vihara ini sangat tenang, saat mengitarinya kamu akan mendapati tiga patung suci, yaitu patung Dwi Kwan in, Patung suci Sang Budha dan patung Hakim Bao. Di area depan terdapat lokasi untuk berdoa, di sisi kiri terdapat taman menyerupai kota Beijing Cina dengan kolam berisi ikan koi dan patung Dwi Kwan In. Di sisi kanan terdapat area permainan dangan bebera nada gambar Great Wall China, lalu di bagian belakang terdapat lukisan cantik.

Berlokasi di Jl. Cemara Boulevard Utara, vihara ini memiliki kegiatan seputar seni, budaya dan Pendidikan. Selain jadi tempat merenungkan pengalaman atau sekedar jalan – jalan.

Pengaruh Kesehatan Mental untuk Kesehatan Diri

Kesehatan mental berpengaruh terhadap bagaimana seseorang berpikir, merasa, bertindak, serta membuat keputusan, juga bagaimana seseorang menangani stres dan berinteraksi dengan orang lain. Maka itu kesehatan mental merupakan hal penting yang perlu dijaga. Ini tidak hanya berlaku pada orang dewasa yang sedang produktif, anak-anak, remaja, bahkan orang lanjut usia pun harus peka dan sadar terhadap kesehatan mental.

Orang dengan kesehatan mental yang prima dapat beraktivitas secara produktif dan menggunakan potensi yang dimilikinya dengan maksimal. Mereka juga akan mampu berpikir secara positif dan jernih ketika dihadapkan dengan berbagai persoalan. Hal ini akan menuntun dirinya untuk menjadi lebih baik dalam menyikapi masalah. Berwisata atau sekedar jalan-jalan bisa menjadi kegiatan pendukung kesehatan mental.

Demikian rekomendasi tempat di Medan yang cocok untuk Kamu berwisata sambil refreshing dan self healing. Semoga bermanfaat ya, untukmu!

Temukan artikel menarik seputar destinasi dan kuliner di Jalajah Nusae. (JV/TSS)