Senang dengan Penyu? Berikut Beberapa Tempat Penangkarannya!

oleh -
Penyu di penangkaran Batavia Bangka Beach, Pantai Tongaci, Pulau Bangka. (Foto JalajahNusae/Iwan)

JALAJAHNUSAE.com – Indonesia memang negeri dengan kekayaan alam yang melimpah, salah satunya kekayaan ekosistem laut. Bukan hanya ikan dan terumbu karang yang dimiliki ekosistem laut di Indonesia, namun hewan laut menarik lainnya juga beragam, seperti halnya penyu.

Bagi Anda yang cinta dengan hewan penyu, atau siapa pun yang penasaran dengan kehidupan hewan laut ini, di Indonesia terdapat beberapa tempat yang bisa dikunjungi,  bahkan bisa bermain dengan penyu. Berikut ini tempat penangkaran penyu di Indonesia yang bisa kita kunjungi.

Deluang Sari, Tanjung Benoa

Penangkaran penyu Deluang Sari terletak Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Di sana pengunjung bisa bermain bersama penyu, bahkan melihat proses pengembangbiakan penyu. Selain bermain dengan penyu, kita juga bisa menikmati keindahan pantainya.

Ujung Genteng, Sukabumi

Tempat penangkaran penyu berada di wilayah Jawa Barat, tepatnya di Pantai Ujung Genteng, Sukabumi. Letak persisnya berada di salah satu sudut pantai, namun tempat ini memang tidak dibuka untuk umum. Pasalnya penyu sedikit sensitif dengan manusia dan cahaya sehingga bisa mengakibatkan proses pengembangbiakan bisa gagal. Tetapi meskipun seperti itu, jika beruntung kita bisa melihat penyu saat proses pelepasan penyu ke laut.

Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

Bagi warga Jakarta, ada tempat penangkaran penyu yang tidak terlalu jauh jaraknya. Lokasinya di Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Pramuka. Tempat ini telah dirintis sejak 1984 dengan habitat penyu aslinya bertelur. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat telur-telur penyu yang jumlahnya ratusan tersebut. Jenis penyu di Pulau Pramuka ini berjenis Penyu Sisik.

Pantai Sukamande, Banyuwangi

Lokasi penangkaran berikutnya berada di Pantai Sukamande, Banyuwangi, Jawa Timur. Tempat ini termasuk salah satu tempat penangkaran penyu semi alami. Pasalnya, di sana bukan hanya satu jenis penyu, tetapi ada beberapa macam jenis penyu yang ditangkarkan, antara lain Penyu Hijau (Chelonia Mydas), Penyu Lekang (Lepidochelys Olivacea), Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata), dan Penyu Belimbing (Dermochelys Coriacea).

Batavia Bangka Beach, Bangka Belitung

Tempat penangkaran penyu lainnya berada di Batavia Bangka Beach, Pantai Tongaci, Sungailiat, Kepulauan Bangka Belitung. Tempat tersebut berdiri pada 2008 yang dilakukan pengusaha lokal akibat semakin langkanya jenis Penyu Sisik dan Penyu Lekang yang hidup di perairan laut Bangka Belitung. Sumber penangkaran penyunya adalah dengan membeli telur-telur penyu dari para nelayan pencari telur penyu di pasir-pasir pantai sekitar Pulau Bangka.

Nah bagi yang tertarik berkunjung ke tempat-tempat destinasi penangkaran penyu di atas segera siapkan dan jangan lupa buah hati Anda. Destinasi tersebut bisa jadi tujuan berlibur sambil belajar (wisata edukasi) mengenal ekosistem laut Indonesia. Jadi agenda ganda yang akan membuat liburan makin seru.***(IG/sumber: Pesona Indonesia)