Jambi Masuk Daftar 10 Objek Wisata Terpopuler di Indonesia

oleh -
Situs Muara Jambi di Provinsi Jambi masuk dalam daftar 10 objek wisata terpopuler di Indonesia versi lonely planet—situs panduan perjalanan terbesar dunia. Foto:IG-@candimuarajambi

JALAJAHNUSAE.com – Menyeruaknya Provinsi Jambi dalam daftar 10 objek wisata terpopuler di Indonesia versi lonely planet—situs panduan perjalanan terbesar dunia,cukup mengejutkan. Maklum provinsi yang selalu dibalut kabut asap setiap musim kemarau ini nyaris tak terdengar di negeri sendiri.

Apa yang membuat Jambi tiba-tiba menjadi perbicangan para traveler dunia?

Ternyata Jambi menyimpan kuil-kuil yang tersebar—meski sebagian dalam kondisi rusak. Sebuah peninggalan situs Hindu-Budha yang paling penting di Sumatera.

Sebagaimana dikutif laman Lonely Planet, Kamis (06/02/2020), kuil-kuil itu diyakini menandai lokasi kota kuno Jambi, ibukota kerajaan Malayu 1000 tahun lalu.

Sebagian besar candi  berasal dari abad ke-9 hingga ke-13, ketika kekuasaan Jambi mencapai puncaknya. Inilah yang saat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara.

Adalah Kawasan Cagar Budaya Percandian Muara Jambi merupakan Kompleks Percandian agama Budha terluas di Asia Tenggara.

foto:IG-@candimuarajambi

Bagi para traveler hanya dengan membayar sewa sepeda Rp 10.000 per hari bisa menjelajahi situs hutan yang damai diatas lahan seluas 3.981 hektar ini. Buka mulai Jam 07 pagi dan tutup sore pada pukul 18.00 WIB.

Situs Komplek Candi Muarajambi menggambarkan pertukaran budaya dan nilai-nilai kemanusiaan dalam kurun waktu periode budaya Hindu-Budha di Indonesia dan khususnya di Jambi.

Nilai-nilai kemanusiaan tercermin dalam pembangunan kuil berdasarkan filosofi Hindu-Budha.

Dalam hal teknologi dan arsitektur, struktur menggambarkan keterampilan dan pengetahuan di berbagai bidang mulai dari memilih lokasi, metode membangun candi dan penggunaan lahan disesuaikan dengan kondisi geografis dan lingkungan senyawa candi.

foto:IG-@candimuarajambi

Situs ini menjadi contoh luar biasa dari jenis bangunan, arsitektur, atau teknologi ansambel atau lansekap yang menggambarkan tahapan signifikan dalam pemukiman manusia tradisional, penggunaan lahan, atau pengelolaan air yang mewakili nilai-nilai budaya atau interaksi suatu budaya (atau budaya), atau interaksi manusia dengan alam.

Situs ini dipenuhi dengan banyak gundukan bata kecil, konon batuan kecil ini dianggap sebagai reruntuhan bangunan lain – mungkin tempat tinggal para imam dan pejabat tinggi lainnya.

Selama berabad-abad situs itu terbengkalai dan ditumbuhi di hutan di tepi Sungai Batang Hari. Pertama ditemukan, pada tahun 1920 oleh ekspedisi tentara Inggris yang dikirim untuk menjelajahi wilayah tersebut.

foto:IG-@candimuarajambi

Tempat tinggal orang Malayu biasa telah digantikan oleh rumah panggung kontemporer penduduk desa Muara Jambi.

Menurut catatan Cina, orang Malayu pernah tinggal di sepanjang sungai di rumah panggung atau di pondok rakit yang ditambatkan ke tepi sungai.

Untuk mencapai lokasi ini, tidak ada angkutan umum dari Jambi yang berjarak 26 km. Satu-satunya cara untuk bisa mencapai Muara Jambi dengan menyewa speedboat seharga Rp 400 ribu, dari dermaga sungai Jambi ke lokasi.

Ada juga taksi taksi Grab untuk sekali jalan dengan biaya sekitar 120.000. Atau Anda bisa memilih ojek dengan harga sewa 50.000 sekali jalan.

Berikut 10 Objek Wisata Terpopuler di Indonesia :

1.Candi Prambanan

2.Candi Borobudur

3.Banyu Wana Amertha Waterfalls

4.Ke’te Kesu’ Tana Toraja

5.Wayag Raja Ampat

6.Bada Valley (Lore Lindu National Park)

7.Taman Nasional Kepulauan Togean

8.Kawah Ijen (Ijen Plateau)

9.Muara Jambi

10.Kraton Yogyakarta

(adh)