Mulut Seribu di Pulau Rote, Keindahannya Mirip Raja Ampat

oleh -
Mulut Seribu di Pulau Rote Keindahannnya Mirip Raja Ampat. (Foto Pesona Indonesia)

JALAJAHNUSAE.com – Berwisata ke Rote, pulau paling selatan Indonesia ini rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi Mulut Seribu. Nama Mulut Seribu, memang belum familiar di telinga kebanyakan masyarakat Indonesia. Padahal objek wisata tersebut memiliki keindahan yang mirip dengan Raja Ampat. Lokasinyadi Papela, Pulau Rote, Rote Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Seperti dilansir laman indonesia.go.id, menurut warga setempat dinamakan Mulut Seribu karena tempat ini merupakan sebuah pantai yang mempunyai banyak tebing dan karang di sekitarnya seperti membentuk gua dan terlihat mempunyai banyak “mulut”.

Perjalanan ke Mulut Seribu merupakan perjalanan menyusuri laut, serta melewati tebing-tebingnya yang terbentuk secara natural. Perjalanannya dilakukan dengan menggunakan kapal kayu bermotor. Sepanjang perjalanan akan ditemani pemandangan batu-batu karang yang tak jarang ditumbuhi oleh pepohonan.

Hijaunya pohon-pohon yang menghiasi terlihat kontras dengan gelapnya batu karang. Di sekelilingnya terlihat tebing-tebing tajam yang panjang, serta ombak yang menerpa-nerpa sisi tebing dengan cukup keras.

Perjalanan ke sana diawali dengan menyewa kapal nelayan dari Pelabuhan Papela. Biaya sewa kapal tersebut berkisar 500 ribu – 1 juta rupiah untuk satu kali tur memutari Mulut Seribu. Beberapa menit kemudian, pengunjung langsung disuguhi sebuah teluk dengan air yang tenang berwarna hijau jernih dan dikelililngi karang-karang kecil yang ditumbuhi tanaman bakau.