Ini 5 Tips Anti Bosan Saat Berkunjung ke Museum

oleh -
Rombongan wisman asal Mesir saat berkunjung ke Museum KAA di Bandung. (Foto JalajahNusae/Iwan)

JALAJAHNUSAE.com – Kebanyakan orang pasti memilih berwisata dengan mengunjungi wisata alam atau wisata belanja, dibanding berkunjung ke museum. Alasannya yang paling banyak keluar, yaitu bosan. Namun, benarkah wisata ke museum itu membosankan?

Sebelum menjawab “iya” atau “tidak”, coba ikuti dulu 5 tips jalan-jalan ke museum berikut ini. Siapa tahu, setelah mempraktikkannya, Anda jadi ketagihan main ke museum. Berikut ini tips berkunjung ke museum.

Mencari Hal yang Disukai

Sebelum memilih museum yang akan dikunjungi, penting untuk mengetahui hal apa yang sebenarnya kita sukai, misalnya sejarah apa yang kita suka. Informasi tentang museum bisa didapatkan melalui beragam jenis media, misalnya internet, televisi, koran, atau media sosial.

Kalau sudah ada ketertarikan, kita akan terpanggil untuk datang ke museumnya langsung. Cara ini akan memudahkan saat kita menangkap ilmu atau pengetahuan yang disediakan oleh museum. Kita pun akan merasa lebih puas saat meninggalkan museum.

Datang sesuai momen

Daya tarik museum juga akan muncul kalau momennya tepat. Misalnya kita berkunjung ke Museum Pancasila Sakti atau yang lebih dikenal dengan Museum Lubang Buaya pertepatan dengan peristiwa G30 S/PKI. Atau datang ke Museum Konperensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, saat ada peringatan KAA yang biasa digelar di bulan April.

Beberapa museum juga punya acara khusus yang diadakan pada waktu-waktu tertentu. Jadi, Anda bisa mendapatkan informasi lebih dengan adanya acara khusus ini.