Banyumulek, Desa Wisata Penghasil Kendi Maling nan Unik

oleh -
Kendi Maling, desain menarik dan unik. (Foto pesona.travel)

JALAJAHNUSAE.com – Lombok, potensi keindahan alamnya sempurna hingga makin dilirik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu keindahan itu berada di Desa Banyumulek, sebuah desa wisata yang terletak di Kecamatan Kediri, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Desa Banyumulek berjarak sekitar 14 kilometer dari Kota Mataram. Memiliki luas area 4,2 hektare dan mayoritas penduduknya merupakan warga asli Lombok. Warga Banyumulek memang jarang yang merantau atau pindah tempat dari Lombok.

Di balik keindahan alamnya, desa wisata ini pun menyimpan potensi lainnya di bidang kerajinan. Banyak perajin gerabah yang bisa ditemui di sana. Banyumulek merupakan sentra kerajinan gerabah yang ada di Lombok. Saat memasuki desa ini, pengunjung akan disambut dengan gerabah-gerabah besar yang menghiasi pagar tembok kantor-kantor pemerintahan di sana.

Keahlian membuat gerabah di desa tersebut, diturunkan dari generasi ke generasi. Sehingga keahlian ini pada akhirnya mampu mengangkat perekonomian desa, sekaligus menarik wisatawan untuk berkunjung dan berbelanja gerabah.

Pengunjung akan banyak menjumpai galeri-galeri yang memajang gerabah hasil karya warga di sepanjang jalan desa. Produk gerabah dalam berbagai bentuk seperti vas bunga, gentong telur, celengan, hiasan dinding dalam berbagai ukuran terpajang rapi.