Menikmati Suasana Asri nan Sejuk di Bangka Botanical Garden

oleh -
Suasana asri di Bangka Botanical Garden (Foto JalajahNusae/Iwan)

JALAJAHNUSAE.com – Kala berkunjung ke Pulau Bangka dan ingin merasakan suasana yang berbeda, berhawa sejuk, serta asri, coba datanglah ke Bangka Botanical Garden (BBG). Destinasi agro wisata ini memiliki area seluas 200 hektar. BBG mulai dikembangkan sejak tahun 2006. Lokasinya berada dekat kawasan wisata Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Keunikannya, BBG merupakan hasil metamorfosis dari lahan kritis bekas penambangan timah bertanah gambut dan berpasir. Keindahannya tampak setelah dimanfaatkan untuk pertanian tanaman holtikultura. Kini BBG terasa sejuk nan asri dengan banyaknya pepohonan tertata rapi.

Di luar tanaman, di dalam BBG juga dibuat peternakan sapi, penyediaan bibit tanaman, dan penyediaan pakan ternak. Sapi ternak yang dipelihara berjenis Friesland Holstein, Limousin, Simental, Black Angus dan Sapi Bali. Terdapat pula kolam-kolam untuk kegiatan memancing ikan.

Kenyamanan pengunjung pun bertambah dengan tersedianya rumah-rumah kayu serta gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai, menikmati pemandangan. Di sana pun ada satu bangunan rumah khas Bangka yang berbahan kayu.

Momen bersantai di BBG lebih lengkap ditemani sajian kuliner dari kafe dan kedai yang tersedia di sana. Ada menu tekwan yang wajib dicoba, olahan ikan lezat dengan kuah pedas dicampur perasan jeruk kunci khas Bangka menambah kesegaran di mulut. Selanjutnya ada pilihan minuman susu murni atau pilihan yogurt, serta olahan susu yang sudah dikemas dengan rasa coklat dan stroberi, asli hasil dari peternakan sapi BBG.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung yaitu memetik sendiri buah-buahan dan sayuran dari kebun BBG. Ada buah naga, jeruk, jambu biji, mangga, semangka, pepaya, sawo serta cabai. Petugas nantinya akan menimbang buah-buahan yang Anda petik. Jangan khawatir, harganya tidak terlalu mahal.*** (IG)