Destinasi Tebing Breksi Susun SOP New Normal, Ada Pembatasan Buat Wisatawan

oleh -
Destnasi Tebing Breksi Prambanan di Yogyakarta segera kembali dibuka. credit:@ton.ajja

JALAJAHNUSAE.com – Tebing Breksi sebagai destinasi wisata unggulan di Yogyakarta, kini mulai berbenag untuk menyambut new normal pariwisata.

Marketing destinasi wisata Tebing Breksi, Chiprianus Tugiyanto mengatakan pihaknya mulai melakukan perencanaan terkait jumlah wisatawan yang boleh masuk. Termasuk durasi kunjungan wisatawan di kawasan wisata geoheritage itu.

“Pastinya nanti akan ada pembatasan supaya bisa tetap menjaga protokol COVID-19 seperti jaga jarak, cuci tangan dan lain sebagainya,” kata pria yang akrab disapa Antok, Kamis (4/6/2020).

Antok mengatakan pihaknya telah menyiapkan sarana prasarana untuk menyambut wisatawan. Termasuk memperbanyak jumlah wastafel di lokasi yang strategis.

“Sarana umum kami siapkan. Ada lebih dari 25 wastafel sudah disiapkan di setiap titik kumpul dan lokasi strategis,” jelasnya.

Namun, terkait kapan destinasi wisata Tebing Breksi dibuka, Antok masih menunggu instruksi dari dinas terkait. Sembari menunggu, pihaknya terus mematangkan persiapan dan SOP bagi wisatawan.

“Kami masih menunggu kebijakan dari pemerintah. Kalau boleh buka, kami akan buka tentunya dengan menerapkan sistem keamanan dan kesehatan bagi pengunjung seoptimal mungkin sesuai prosedur COVID-19,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih mengatakan pihaknya terus menggodok SOP bagi pengelola wisata.

Aturan tersebut akan ditetapkan oleh Dispar DIY untuk diterapkan secara seragam oleh masing-masing kabupaten dan kota.

“Berdasarkan jadwal, bulan ini SOP sudah selesai dibahas. Setelah itu, ada uji coba penerapan SOP di destinasi wisata sebelum benar-benar diterapkan,” kata Sudarningsih.

(adh/dtk)