8 Wisata Pulau di Makassar yang Bisa Ditempuh dalam Sekedip Mata

by -
Pulau Samalona yang berjarak dekat dengan Kota Makassar - Sumber: eljohnnews.com

Jalajahnusae.com – Wisata bahari di Indonesia seakan tak ada habisnya. Kali ini jika kamu berencana ke Kota Makassar, bersiaplah! Pasalnya kamu akan disuguhi panorama alam yang menakjubkan. Makassar memiliki sejumlah pulau kecil yang menyimpan keindahan. Ada sebagian dari pulau di Makassar tersebut tak berpenghuni sehingga membuat pulau tersebut asri dan minim limbah. Tertarik?

Pulau-pulau tersebut dapat kamu kunjungi dengan menaiki kapal cepat di dermaga di sekitar Kota Makassar. Apa saja pulau tersebut? Berikut daftar delapan wisata pulau terbaik di sekitar Makassar.

Kodingareng Keke

Meski tak banyak, pulau tak berpenghuni ini bergantian dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pulau Kodingareng keke, mutiara yang tersimpan di dekat Makassar. Pulau ini memiliki air yang jernih dan terumbu karang yang bersih. Keindahannya tak diragukan lagi. Banyak orang memilih destinasi ini untuk snorkeling.

Untuk sampai di Pulau Kodingareng Keke dibutuhkan perjalanan sekitar 40 menit menggunakan perahu bermotor. Pihak pengelola menyediakan penyewaan kapal tersebut.

Pulau Langkai

Pulau ini memiliki luas sekitar 27 hektar. Untuk mencapai pulau ini kamu harus menyebrang menggunakan perahu sekoci dengan harga mulai Rp750 ribu. Fasilitas di pulau ini cukup lengkap. Kamu bisa menginap untuk sekalian mengenal budaya masyarakat sekitar.

Pulau Kapoposang

pulau kapoposang
Sumber: travelingyuk.com

Pulau ini jadi salahsatu spot diving terbaik di sekitar Makassar. Tak diragukan lagi, terumbu karang dan biota lautnya yang cantik. Kamu bisa menuju pulau ini lewat Pelabuhan Paotere.

Di sini kamu bisa jelajahi 14 spot diving untuk pengalaman menyelam tak terlupakan. Kamu juga bisa merasakan menyelam bersama hiu di Shark Point. Selain hiu, pulau Kopoposang juga menjadi habitat asli dari penyu sisik yang sangat cantik.

Fasilitas yang ada di pulau ini juga cukup lengkap. Meskipun jauh dari perkotaan kamu tetap bisa menginap di pulau ini.

Pulau Tinabo

Pulau ini sering disebut mirip Maldives, atau bahkan menyainginya. Pasir putihnya yang sangat lembut. jadi salahsatu yang terbaik di dunia. Pulau Tinabo terletak di taman Nasional Taka Bonerate, Selayar, Sulsel.

Selain tersohor akan keindahan karangnya atau atolnya, Pulau Tinabo memiliki keindahan sunset yang luar biasa. Batu karangnya membuat para scuba diver terpuaskan di pulau ini. Suasananya tenang, Baik untuk melepas penatnya rutinitas.

Pulau Lae Lae

Pulau ini berdekatan dengan pantai Losari. Pulau Lae Lae merupakan pulau yang sudah berpenghuni, Jadi, fasilitas di sini cukup lengkap. Banyak backpacker yang datang untuk menikmati keindahan pulau ini.

Jarak pulau Lae Lae dengan kota Makassar hanya 25 menit perjalanan. Kamu bisa snorkeling di sini tanpa harus membawa peralatan, karena tersedia alat yang bisa disewa.

Keindahan sunset di sini juga sangat menakjubkan. Kamu bisa terlena olehnya. Belum lagi, pulau ini berbentuk persegi panjang dengan dinding penghalang ombak yang membentang. Hal ini terjadi karena dulu pulau Lae Lae digunakan sebagai daerah pertahanan di jaman penjajahan Jepang. Terbaik bukan?

Pulau Panambungan

Pulau Panambungan Makassar
Sumber: parepos.co.id

Destinasi wisata bahari selanjutnya terdapat di Kabupaten Pangkep yang bisa ditempuh melalui bandara Paotere. Seperti yang sudah dibayangkan, pulau ini memiliki panorama yang sangat indah lengkap dengan pasir putih yang lembut dan air yang sangat jernih.

Di Pulau Panambungan, kamu bisa menemui pohon pinus di pulau indah ini. Pohon tersebut tumbuh subur meski di daerah pantai.

Kamu disarankan untuk camping jika berkunjung ke sini. Karena jarak dari kota cukup jauh. Dengan menginap kamu akan merasakan keindahan sunset sekaligus sunrise yang pasti tak bisa dilewatkan.

Pulau Samalona

Perjalanan kamu belum selesai, karena Pulau Samalona tak bisa dilewati. Letak pulau ini dekat dengan Pulau Kodingareng Keke. Untuk menyeberang, membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Berbeda dengan Kodingareng Keke, Pulau Samalona sudah berpenghuni dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari penginapan hingga penjual makanan serta minuman.

Snorkeling dan diving jadi kegiatan favorit di sini. Selain itu, kamu bisa menjajal olahrga air seperti banana boat untuk memacu adrenalin. Pemandangannya yang indah dengan fasilitas lengkap membuat Pulau Samalona lebih ramai.

Pulau Samatellu

Pulau Samatellu Makassar
Sumber: Jalanwisata.com

Pulau Samatellu merupakan satu dari 115 gugusan pulau yang ada di Kabupaten Pangkep. Pulau ini ditinggali penduduk dan ramai dijadikan tempat wisata para turis. Bentuknya yang bulat membuat pulau ini terlihat menggemaskan. Untuk sampai ke sini kamu perlu melewati pelabuhan Maccini Baji Pangkep untuk naik speedboat dengan tarif Rp10 ribu.

Pantainya yang indah dan terumbu karang yang menakjubkan, cocok untuk aktivitas snorkeling dan diving.

Pulau di sekitar Makassar sangat menjanjikan kamu beragam keindahan. Tak lepas dari wisata bahari, seluruh aktivitas menyenangan ini didukung oleh indahnya panorama alam. Baik terumbu karang, pasir, air bahkan fasilitas yang memadai. Kamu bisa mengunjungi beberapa pulau tak berpenghuni tadi, dengan catatan menjaga alam sekitar dari segala bentuk polusi dan limbah. Tak lupa, sebagian pulau juga menjadi ruang hidup masyarakat lokal.

Bagaimana? Sudah menentukan pulau mana yang akan kamu singgahi? boleh lebih dari satu kok! Baca artikel menarik lainnya di Jalajahnusae.com.