Gumitir, Destinasi Wisata Agro Kebun Kopi Hingga Heritage

oleh -
Terowongan Mrawan
Terowongan Mrawan dengan lori wisata dilihat dari kawasan Gumitir. (Foto Indonesia.go.id)

JALAJAHNUSAE.com – Jika kondisi sudah mulai pulih dan bersih dari wabah Virus Corona (Covid-19), saat yang tepat untuk melepas penat akibat pembatasan aktivitas sosial. Bisa diisi dengan kegiatan berwisata ke destinasi wisata sesuai selera masing-masing.

Nah, bila ada yang merencanakan kunjungan ke wilayah Jawa Timur, terutama ke Kabupaten Jember, bisa mencoba berkunjung ke Gumitir. Sebuah kawasan yang berada di perbatasan Jember-Banyuwangi. Di sana pengunjung akan menikmati suasana nyaman dilengkapi ragam sajian, mulai dari kafe hingga wisata kebun kopi.

Gumitir berlokasi di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, sekitar 39 km dari pusat kota Jember dan 60 km dari Banyuwangi. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyuwangi sebelah barat. Jika Anda dari Surabaya menuju Banyuwangi memilih lewat jalur Jember akan melewati daerah ini. Jalanannya berkelok.

Kawasan tersebut juga dikenal sebagai rest area untuk perjalanan menyusuri Gunung Gumitir. Sebagai penanda di lokasi terdapat gapura bertuliskan “Cafe & Rest Area Gumitir”. Di sana pengunjung bisa singgah di Kafe Rolas. Nama kafenya diambil dari nama pengelolanya, PTP XII. Letaknya agak menjorok dari jalan raya Jember-Banyuwangi. Kafe ini berada di ketinggian 680 meter dari permukaan laut (mdpl).

Sajian ragam  menu yang bisa dinikmati di kafe itu, diantaranya ayam goreng, bebek goreng, singkong goreng, pisang goreng, dan tentu saja kopi khas olahan PTP XII. Pengunjung bisa menikmatinya di gazebo-gazebo.