Pantai Pangandaran Bersalin Rupa Seperti Hawaii

oleh -
Keindahan Pantai Barat Pangandaran yang bisa dinikmati dari Kampung Turis. Disini wisatawan juga memilih ragam kuliner. Foto:Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Pembenahan Pantai Barat dan Timur Pangandaran terus dilakukan.Revitalisasi guna mewujudkan Kabupaten Pangandaran sebagai Kabupaten Wisata di Jabar juga digeber.

Kini, kawasan destinasi wisata di Kabupaten Pangandaran itu kian menarik dan menjadi primadona dengan fasilitas baru: Mulai jalur pedestrian yang lebar dan nyaman hingga Plaza Air Mancur.

Bertepatan dengan pergantian tahun, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil pun meresmikan Plaza Air Mancur sebagai tanda selesainya revitalisasi tahap pertama Pantai Barat dan Timur Pangandaran.

Acara peresmian  berlangsung di Pantai Timur Pangandaran, Selasa (31/12/19).

Menurut Emil –sapaan Ridwan Kamil, kawasan destinasi wisata Pangandaran merupakan etalase wisata pantai Jabar.

“Pangandaran memang istimewa karena etalase wisata pantai paling utamanya ada di Pangandaran. Tahun 2019, kita (Pemerintah Daerah Provinsi Jabar) hampir (mengalokasi anggaran) Rp 100 miliar untuk memperbaiki Pantai Barat dan Timur Pangandaran,” kata Emil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau kondisi Pantai Timur Pangandaran. Foto: dok humas jabar

Dengan revitalisasi, Emil berharap kawasan destinasi wisata Pangandaran dapat naik kelas dan jumlah kunjungan wisatawan ikut meningkat.

“Warga luar bisa antusias. Ekonominya, kesaksian Bapak Bupati (Jeje Wiradinata), toko-toko sepanjang jalan (pendapatannya) meningkat hampir tiga kali lipat,” tambahnya.

Emil pun meminta warga dan wisatawan untuk turut menjaga kebersihan Pantai Barat dan Timur Pangandaran.

“Pangandaran harus menjadi kelas yang level Indonesia karena tugas kita dengan kekompakan provinsi dan daerah akan membuat Pangandaran ini menjadi ‘Hawaii-nya Jabar’,” ucap Emil.

Emil juga berpesan agar warga dan wisatawan bisa menjaga lingkungan dengan tidak buang sampah sembarangan.