Menikmati Keindahan Pantai Burung Mandi Belitung Timur

by -
Belitung Timur
Pantai Burung Mandi, di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur, tepatnya sekitar 20 km dari Kota Manggar atau 70 km dari kota Tanjung Pandan ini merupakan destinasi favorit karena keindahan pantainya. Foto: Jalajah Nusae/adhi

BELITUNG, Jalajahnusae.com – Banyak pantai di Indonesia, tetapi yang memiliki suasana natural tanpa dilebih-lebihkan, mungkin tak begitu banyak.

Salah satunya adalah Pantai Burung Mandi di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung.

Agak unik namanya, konon pemberian nama itu diambil karena sebuah kejadian. Alkisah, ada seorang ibu bersama anaknya pergi di pinggir pantai untuk mencari hasil laut.

Sang ibu kemudian meletakan anaknya ditepian pantai. Saat kembali ingin mengambil anaknya—setelah mendapatkan banyak hasil laut, ia melihat sang anak yang tertidur di kelilingi burung-burung yang tengah bermain air.

Nah, sejak itulah diambil nama pantai tersebut dengan sebutan Pantai Burung Mandi.

Di pantai ini masih terbilang ramai jika dibandingkan dengan pantai di Belitung lainnya, mengingat pantai ini sangat berdekatan dengan desa nelayan.

Jalajahnusae.com beberapa waktu lalu berkesempatan mengunjungi pantai dengan udara yang sangat sejuk itu.

Pantai Burung Mandi memiliki kharisma tanpa henti, menyihir dengan pesonanya, dan menghentikan langkah siapapun untuk sejenak merasakan keindahan yang dimilikinya.

Bibir Pantai Burung Mandi tersebut juga di tumbuhi dengan pohon-pohon kelapa yang rindang. Ada juga warung-warung yang letaknya dekat dengan pantai tersebut.

Sisi lain dari Pantai Burung Mandi di Kabupaten Belitung Timur. Foto: adhi

Berbeda dengan Pantai Tanjung Tinggi yang ada di dekatnya, pantai ini tidak ada batu- batu raksasa di bibir pantainya.

Dari bibir pantai, Anda akan melihat banyak saung-saung dan bangku seperti untuk taning yang terbuat dari semen dan diatasnya dilapisi ubin.

Jika Anda tiduran di atas bangku tersebut, maka akan terasa dingin dan tidak terkena paparan matahari langsung karena berada di antara pepohonan sekitar sisi pantai.