Presiden Jokowi Minta Pelabuhan di Sekitar Danau Toba Dibangun Lebih Modern

oleh -
Kunjungan Presiden Jokowi ke wilayah Danau Toba, Sumut. (Dok. Kominfo)

JALAJAH NUSAE – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja meninjau Sipinsur Geosite, Desa Parulohan, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Kemudian mengunjungi Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Senin (29/7/2019) malam. Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi pun meminta pelabuhan di sekitar Danau Toba dibangun dengan arsitektur yang lebih modern.

Di situ, Presiden Jokowi mendapatkan penjelasan dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Pembangunan Pelabuhan Muara ini sudah berlangsung, dan ditargetkan selesai tahun 2020 mendatang.

Usai kunjungan, Menhub Budi Karya Sumadi menuturkan, Presiden Jokowi memberikan arahan perlunya suatu bentuk arsitektur pelabuhan yang maju, modern, dan yang bisa menimbulkan inspirasi bagi generasi muda dan dapat menarik minat wisatawan untuk datang.

“Jadi kita akan berkolaborasi dengan Kementerian PUPR terkait desain bangunan arsitektur pelabuhan-pelabuhan penyeberangan di Danau Toba,” tutur Budi Karya Sumadi dikutip dari laman Kominfo.go.id.

Menteri PUPR Basuki juga menyampaikan, dari 12 pelabuhan penyeberangan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba yang dibangun Kementerian Perhubungan, empat diantaranya telah dilakukan pengembangan hingga tahun 2019 dan akan selesai pada tahun 2020, diantaranya Pelabuhan Simanindo, Ambarita, Muara, dan Tigaras.