Berikut Ini 37 Perjalanan Kereta dari Stasiun Bandung yang Dibatalkan

oleh -
KAI memberikan upaya terbaik dalam rangka menekan penyebaran virus Corona dengan mengurangi jumlah perjalanan KA hingga 19,4% . Foto:IG-@keretaapikita

JALAJAHNUSAE – Jumlah penumpang kereta api di wilayah Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung anjlok hingga 50 persen dibanding periode yang sama Maret tahun lalu.

Penurunan sejalan dengan arahan pemerintah yang meminta masyarakat mengurangi mobilitas.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Noxy Citrea menyampaikan, penurunan terjadi untuk KA lokal maupun jarak jauh. Saat normal, jumlah penumpang harian bisa mencapai hingga 50.000 orang.

Menurut Noxy, mempertimbangkan penurunan itu, Daop 2 kembali mengurangi perjalanan KA di bulan April. Selain menambah pembatalan kereta jarak jauh, pihaknya membatalkan beberapa perjalanan KA lokal.

“Total ada 37 pengurangan perjalanan pada bulan April. Volume penumpang menurun, tidak sepadat di waktu normal,” ungkap Noxy dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (31/3/2020).

Baca juga Jadwal Lengkap Pembatalan Kereta Api Jarak Jauh,Lokal dan KA Bandara

Adapun, perjalanan yang masih tersedia di Daop 2 terdiri dari 5 perjalanan ke arah Jakarta (Argo Parahyangan), 1 perjalanan ke arah Semarang (Ciremai Sore), dan 1 perjalanan ke arah Surabaya Pasarturi (Harina).

“Kemudian 1 perjalanan ke arah Timur (Kahuripan) dan 2 perjalanan KA Terusan relasi Purwokerto – Kiaracondong – Pasar Senen PP (2 perjalanan KA Serayu Pagi dan 2 perjalanan KA Serayu Malam),” tambahnya.

Sementara itu, untuk kereta yang masih beroperasi dari Bandung ke arah timur atau sebaliknya, tidak berhenti di Stasiun Tasikmalaya atas permintaan Pemkot Tasikmalaya yang melakukan upaya pencegahan Covid-19 di wilayahnya.

Noxy menyampaikan, kebijakan pengurangan jadwal perjalanan ini akan terus dievaluasi sesuai perkembangan dan situasi di lapangan.