KA BIAS Mulai Beroperasi dan Gratis Selama 2 Bulan

oleh -
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat soft launching KA BIAS. (Foto Kemenhub)

JALAJAHNUSAE.com – Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS) mulai beroperasi perdana secara terbatas mulai Minggu (29/12/2019). Selain itu, KA ini juga akan digratiskan dua bulan ke depan selama masa pengoperasian sementara oleh PT KAI.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap, kereta api ini bisa menjadi akses transportasi utama dari dan ke Bandara Adi Soemarmo.

“Di sini pertama kali di Indonesia kereta api bisa langsung masuk ke bandara (area keberangkatan terminal penumpang). Waktunya juga sangat singkat dari pusat kota ke Bandara,” papar Menhub Budi saat acara Soft Launching pengoperasian KA BIAS di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali, Minggu (29/12/19), dikutip dari laman resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

KA BIAS akan menempuh rute Stasiun Solo Balapan – Bandara Internasional Adi Soemarmo dengan waktu sekitar 20 menit. Sementara itu, waktu tempuh menuju Bandara Adi Soemarmo dari Kota Solo memerlukan waktu sekitar 40-60 menit pada jam sibuk dengan kendaraan mobil.

Moda transportasi ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 56 tahun 2018 tentang perubahan Perpres Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Dengan skema penganggaran dilakukan secara tahun jamak (multiyear) sejak tahun 2017 hingga 2020, menggunakan anggaran sebesar Rp.820 miliar. Termasuk dalam paket ini yaitu pembangunan Stasiun Kadipiro dan pembangunan persinyalan elektrik.