Lansia Dapat Diskon 20 % Naik KA, Ini Caranya

oleh -
dok pt kai

JALAJAH NUSAE – Kalau kebetulan Anda memiliki orang tua yang suka naik kereta api? Atau ada saudara yang termasuk kategori Lansia tapi  masih sering naik kereta api? Program ini boleh dicoba.

Ya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan potongan harga sebesar 20% bagi penumpang usia 60 tahun atau lebih.

Caranya, bisa mendatangi stasiun untuk melakukan registrasi di Loket Reservasi Stasiun. Syaratnya cukup mudah, hanya membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Registrasi untuk mendapatkan  tiket tarif khusus (reduksi) ini akan  dimulai per 1 Agustus 2019.

“Registrasi reduksi tersebut berlaku untuk perjalanan bulan berikutnya, yakni mulai 1 September 2019,” kata Manager Bidang Penumpang PT KAI Bandung, Handoyo ketika dihubungi Jalajah Nusae, Senin malam (29/7/2019).

Penumpang atas hak reduksi wajib melakukan registrasi di customer service paling lambat tiga jam sebelum keberangkatan.

Menurut Handoyo, pihaknya sampai saat ini terus mempersiapkan rencana pemberian tiket bagi para lansia tersebut.

Kenapa harus di Stasiun? Karena petugas perlu melakukan verifikasi FC Identitas Calon Penumpang Lansia tersebut.

Selain itu dengan pembelian di stasiun, petugas dapat membantu calon penumpang lansia tersebut dalam mengisi formulir atau menentukan kereta yang diinginkan.

Ditambahkan Handoyo, bagi para lansia yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kereta agar datang lebih awal ke stasiun. Hal ini untuk memudahkan pendataan.

“Sebaiknya, lebih awal datang ke stasiun supaya bisa mendapatkan kursi dan memudahkan pelayanan di bagian reservasi,” kata Handoyo.

Pembelian tiket juga bisa dilakukan melalui fitur online dan tidak perlu khawatir karena jika sudah melakukan registrasi untuk reduksi lansia, maka secara otomatis nanti akan keluar di system.

Bagaimana? Kalau berminat segera hubungi stasiun kereta api terdekat. Catat tanggalnya, mulai 1 Agustus 2019 ya?

(adh)