Bus Wisata Dorong Pengembangan Pariwisata Daerah

oleh -
Citros, bus wisata yang diberikan Pemprov Jabar untuk Kota Cirebon. (Foto Humas Jabar)

JALAJAHNUSAE.com – Potensi alam dan budaya menjadi modal besar bagi Jawa Barat (Jabar) dalam pengembangan sektor pariwisata. Oleh karena itu, di masa pemerintahan Gubernur Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum saat ini, sektor pariwisata menjadi lokomotif pembangunan Jabar. Visinya menjadikan Jabar sebagai Provinsi Pariwisata.

Beberapa program pun telah diluncurkan, yang prioritas yaitu pengembangan destinasi dan infrastruktur pariwisata. Salah satunya di sektor moda wisata berupa Bus Wisata. Pemerintah Provinsi Jabar menghadirkan bus wisata tersebut di 27 kota/kabupaten yang ada.

Bus single decker itu hadir sebagai bintang jalanan seperti Bandros (Bandung Tour on Bus) khas Kota Bandung, sekaligus katalis bagi budaya naik transportasi massal. Program Bus Wisata ini diluncurkan oleh Gubernur Ridwan Kamil pada 23 Desember 2018 lalu.

Di tahap pertama, 13 bus wisata hasil kerja sama dengan bjb dihibahkan masing-masing satu unit untuk Kota Cimahi, Kab. Sumedang, Kota Tasikmalaya, Kab. Pangandaran, Kab. Garut, Kota Cirebon, Kab. Kuningan, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kab. Cianjur, Kab. Purwakarta, dan Kab. Tasikmalaya.