Runway 3 dan East Connection Taxiway Tingkatkan Layanan Bandara Soetta

oleh -
Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau langsung runway 3 dan east connection taxiway di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Minggu (26/1/2020). (Foto jpp.go.id)

JALAJAHNUSAE.com – Bandara Soekarno Hatta memiliki dua fasilitas yang baru beroperasi, yaitu runway 3 dan east connection taxiway. Dua fasilitas ini, merupakan upaya dari PT Angkasa Pura II dan Airnav Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan layanan. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pun mengapresiasi upaya peningkatan kapasitas dan layanan tersebut.

Budi juga meninjau langsung runway 3 dan east connection taxiway di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Minggu (26/1/2020) kemarin. Dalam tinjauannya, Budi melihat langsung pergerakan lalu lintas penerbangan di runway 3 dan east connection taxiway dari Tower JATSC milik Airnav Indonesia, di area Bandara Soetta.

Keberadaan dua fasilitas tersebut, menurut Budi, sangat penting untuk meningkatkan pelayanan penerbangan dalam dan luar negeri di Bandara Soetta.

“Saya bangga dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh AP II dan Airnav, karena membuktikan anak bangsa mampu untuk membuat satu bandara dan ATC yang sama kompetitifnya dengan dunia internasional. Saat ini sudah lebih dari 81 take off landing dalam 1 jam sehingga masuk 10 besar bandara tersibuk di dunia,” tutur Budi dikutip dari laman jpp.go.id.

Selain itu, Budi juga menuturkan, dalam membangun fasilitas-fasilitas tersebut tentunya pihak-pihak terkait seperti Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, AP II, dan Airnav telah memperhatikan aspek keselamatan.