Senang Naik Kereta? Nih Tips Pilih Tempat Duduk Terbaik!

oleh -
Ilustrasi Foto: Tempat duduk di kereta api baru KA Wijayakusuma. (Foto kai.id)

JALAJAHNUSAE.com – Kini PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus memperbaharui fasilitasnya guna memberikan pelayanan terbaik dan nyaman bagi para penumpang. Beberapa diantaranya, yakni dengan adanya AC untuk semua kelas, stop kontak, kursi yang nyaman, dan steril dari pedagang, kereta api sudah memberikan penumpangnya kepuasan tersendiri.

Namun, kenyamanan tersebut tidak akan lengkap tanpa tempat duduk yang tepat. Berikut ini ada sedikit tips untuk mendapatkan tempat duduk yang nyaman dan terbaik kala menggunakan moda transportasi kereta.

Posisi duduk searah dengan laju kereta

Jika menaiki kereta ekonomi dan bisnis, kursi yang disediakan berhadap-hadapan. Pastikan Anda booking tempat duduk yang menghadap ke depan atau searah dengan laju kereta. Hal ini dipilih untuk menghindari Anda dari rasa mual akibat melihat pemandangan berlawanan arah.

Hindari duduk dekat sambungan gerbong

Penumpang dipastikan memilih kursi yang tidak dekat dengan sambungan gerbong kereta lainnya. Biasanya, posisi tempat duduk ini berdekatan dengan toilet. Jika Anda tidak memiliki masalah dengan aroma toilet yang tidak sedap, mungkin tidak akan merasa terganggu.

Hindari duduk di bawah sumber AC

Posisi kursi penumpang di bawah paparan sumber AC secara langsung biasanya hanya berada di beberapa posisi tempat duduk. Berbeda dengan pesawat yang menyeluruh dengan temperatur yang sama.

Posisi tersebut, akan menyebabkan Anda merasa kedinginan dan menggigil sehingga tidak baik untuk tubuh. Maka dari itu, jika dapat tempat duduk yang pas di paparan AC, lebih baik memakai jaket atau selimut yang melindungi Anda dari temperatur yang tinggi. Namun, tetap saja lebih baik lagi untuk menghindari posisi tempat duduk tersebut.

Posisi duduk dekat jendela

Memilih tempat duduk di dekat jendela menjadi pilihan yang pas. Posisi akan memberikan nuansa yang menyenangkan dan menyegarkan, karena dapat melihat banyak pemandangan di luar jendela. Adanya pemandangan yang dilihat melalui jendela ini, membuat Anda tidak akan bosan sehingga perjalanan pun akan terasa cepat dan tidak menjenuhkan.

Posisi kursi dekat dengan pintu keluar stasiun

Anda juga harus mempertimbangkan posisi tempat duduk agar akses keluar dari kereta lebih cepat dan mudah. Apalagi bagi penumpang dengan barang bawaan yang banyak, posisi ini akan memudahkan Anda membawa barang. Anda tidak perlu membawanya jauh menjalani lorong dengan banyak penumpang yang mengantri juga. Biasanya antrian keluar dapat menyita waktu, karena itu, pilihlah duduk di dekat pintu sehingga mempersingkat waktu.*** (IG/Sumber: Tokopedia)