Bandara YIA Siap Beroperasi Penuh 29 Maret, Didukung Multi-Moda

oleh -
Yogyakarta International Airport
Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). (Foto: AP I)

JALAJAHNUSAE.com – Mulai 29 Maret 2020 mendatang, Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan dioperasikan secara penuh. Selain itu YIA pun telah didukung transportasi darat multi-moda yang cukup lengkap. Hal ini memudahkan pengguna jasa bandara dalam melakukan alih moda transportasi ketika melakukan perjalanan udara melalui YIA.

Beragam jenis transportasi multi-moda tersebut, antara lain airport shuttle yang disediakan Damri dan SatelQu, taksi berargo, angkutan sewa khusus, dan kereta api untuk menuju pusat kota Yogyakarta dan beberapa daerah di sekitar Provinsi DIY, seperti Cilacap, Kebumen, Purwokerto, Purworejo, Banjarnegara, Wonosobo, dan lainnya.

Menurut Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi, dukungan transportasi multi-moda ini merupakan upaya Angkasa Pura Airports bersama para pemangku kepentingan transportasi darat lainnya, baik regulator dan operator layanan transportasi, untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang yang melakukan perjalanan udara melalui YIA.

“Diharapkan, kemegahan serta nilai seni dan budaya di YIA yang dilengkapi dengan dukungan sarana transportasi multi-moda akan memberikan pengalaman perjalanan yang berkesan bagi para pengguna jasa bandara,” tutur Faik Fahmi, dikutip dari laman Angkasa Pura Airports (AP I).

Berikut ini rincian lengkap mengenai jasa transportasi darat multi-moda yang tersedia di Bandara YIA.

Damri

Bagi masyarakat yang menuju YIA dari pusat kota Yogyakarta, dapat memilih beberapa titik keberangkatan dari beberapa penyedia layanan transportasi darat. Untuk layanan shuttle bus Damri, terdapat beberapa titik keberangkatan dengan estimasi waktu tempuh 1-2 jam perjalanan, yaitu:

* Bandara Adisutjipto-YIA : 2 jam

* Malioboro-YIA : 1,5 jam

* Ambarketawang-YIA : 1 jam