Catat,Ini Daftar Lengkap Pembatalan Jadwal Kereta Api di Pulau Jawa

oleh -
Seorang calon penumpang kereta api di Stasiun Gubeng Surabaya diperiksa menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh sebagai upaya mengantisipasi virus corona.Foto: Dok. PT KAI Daop 8 Surabaya

JALAJAHNUSAE.com – Sejalan dengan keputusan pemerintah perihal larangan mudik dalam rangka mencegah penyebaran virus corona, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghentikan sementara sejumlah perjalanan Kereta Api (KA) di Pulau Jawa.

Menurut VP Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus terdapat setidaknya 454 KA yang dibatalkan di seluruh daerah operasional Indonesia.

“Sekitar 85 persen KA batal, dan yang masih jalan itu 78 KA sekitar 15 persen,” kata Joni, Sabtu (25/4/2020).

Adapun rinciannya yaitu KA jarak jauh yang batal sebanyak 254 KA atau 100 persen, dan KA lokal sebanyak 200 KA atau 72 persen.

Sementara untuk KA yang masih beroperasi hanya KA Lokal dengan total 78 kereta, sekitar 28 persen.

Berikut kompilasi perjalanan KA di Pulau Jawa yang dibatalkan dari sembilan Daerah Operasional (Daop) yang ada:

  1. Daerah Operasi 1 Jakarta

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta memutuskan untuk meniadakan seluruh perjalanan kereta api (KA) Jarak Jauh dan KA Lokal mulai Jumat (24/4/2020).

Hal ini menyusul adanya keputusan pemerintah untuk melarang mudik guna menekan penyebaran virus corona.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan KA Jarak Jauh yang tidak beroperasi merupakan KA dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota.

Stasiun tujuan akhir dari kereta tersebut adalah Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, serta berbagai kota lain.

“Secara total terdapat 70 perjalanan KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta yang dibatalkan,”kata Eva melalui rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (23/4/2020).

Dari 70 KA tersebut 67 KA di antaranya merupakan KA reguler. Sementara 3 KA lainnya merupakan kereta tambahan yang dioperasikan pada saat hari kerja serta hari libur.

Sementara itu, untuk KA Lokal yang dibatalkan terdapat 31 perjalanan dengan rincian:

6 KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi Pulang-Pergi (PP)

12 KA Lokal Merak rute Rangkasbitung-Merak PP

6 KA Walahar relasi Tanjung Priuk-Purwakarta PP

4 KA Jatiluhur rute Tanjung Priuk-Cikampek PP

3 KA Siliwangi rute Sukabumi-Ciranjang PP

Untuk KA Angkutan Barang yang membawa pasokan logistik dan bahan pangan tetap beroperasi secara normal.