Damri Pilihan Utama Masyarakat yang Terbang dari BIJB Kertajati

oleh -
Tampak penumpang menunggu keberangkatan Damri di BIJB Kertajati. (Foto PT BIJB)

JALAJAHNUSAE.com – Sejak penataan rute dari Bandara Husein Sastranegara (BDO) ke Bandara Internasional Kertajati (KJT), Bus Damri masih menjadi pilihan utama transportasi masyarakat. Selain gratis, Damri menawarkan perjalanan setiap dua jam untuk mencapai ke bandara yang ada di Kabupaten Majalengka tersebut.

Selain Damri, PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) juga merangkul moda transportasi lainnya, seperti shuttle dan taksi daring sebagai pilihan masyarakat yang ingin terbang dari Bandara Kertajati. Saat ini tersedia 11 pilihan tranportasi dengan 11 rute, yakni Bandung, Cirebon, Kuningan, Indramayu, Tasikmalaya, Purwakarta, Sumedang, Karawang, Majalengka, dan Tegal.

“Pilihan moda transportasi untuk menjangkau Bandara Kertajati itu  cukup banyak, tapi memang Damri masih menjadi pilihan masyarakat karena gratis. Ini sebagai bentuk perhatian kebaikan pemerintah kepada Bandara Kertajati,” ujar Direktur PT BIJB Muhamad Singgih dalam keterangan tertulisnya di Majalengka, Senin (23/9/ 2019).

Dari tanggal 1 – 19 September 2019, tercatat sebanyak 14.253 orang terakomodir oleh berbagai moda transportasi yang menggunakan fasilitas Bandara Kertajati untuk pilihan terbang. Dalam periode tersebut, sekitar 9.823 orang diantaranya memilih Bus Damri. Adapun sisanya menggunakan shuttle dan taksi online.

Penumpang juga masih didominasi dari kawasan Bandung Raya dengan angka mencapai 11.647 orang. Disusul Cirebon dengan 1.161 dan Sumedang serta Tasikmalaya yang masing-masing mendekati 400 orang.