Terminal 2F Bandara Soetta, Dongkrak Penerbangan LCC Internasional

oleh -
Self Checkin, salah satu fasilitas yang ada di Terminal 2F Bandara Soetta. (Foto IG @angkasapura2)

JALAJAHNUSAE.com – Pasar penerbangan berbiaya hemat (low cost carrier/LCC) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) terus mengalami peningkatan. Tampak pada periode 1 Januari – 20 September 2019, jumlah penumpang maskapai LCC khusus rute internasional mencapai 3,16 juta penumpang.

Bersumber dari rilis PT Angkasa Pura II (AP II), jumlah tersebut meningkat sekitar 4% secara year-to-date dibandingkan dengan periode 1 Januari – 20 September 2018 sebanyak 3,04 juta penumpang. Sedangkan pergerakan pesawat pada 1 Januari-20 September 2019 tercatat 22.805 penerbangan atau naik 6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni 21.517 penerbangan.

Beberapa maskapai LCC yang melayani penerbangan rute internasional di Soekarno-Hatta adalah AirAsia Group, Lion Air Group, Jetstar, Citilink, Cebu Pacific dan Scoot. Total setiap harinya terdapat 104 penerbangan rute internasional yang dioperasikan maskapai LCC di Soekarno-Hatta. Terdiri dari 51 keberangkatan dan 53 kedatangan. Rata-rata, terdapat 4 penerbangan per jam.

Untuk tujuan penerbangan maskapai LCC dari Soekarno-Hatta didominasi ke negara-negara di ASEAN. Selain juga terdapat rute menuju China. Kini Angkasa Pura II bersama maskapai tengah gencar membidik pasar penerbangan jarak jauh atau long haul. Salah satu penerbangan long haul yang akan dibuka pada Oktober-Desember yaitu rute Jakarta – Frankfurt (Jerman) oleh satu maskapai LCC yakni Citilink.