Dukung Pariwisata di Jateng, Kemenhub Kembangkan Dua Bandara

oleh -
Penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Pembangunan dan Pengembangan Bandara Ngloram dan Bandara Dewadaru pada Jumat (18/10/19) lalu, di Jakarta. (Foto Kemenhub)

JALAJAHNUSAE.com – Guna mendorong sektor pariwisata di Jawa Tengah (Jateng) dan meningkatkan konektivitas transportasi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembangkan dua bandara sekaligus, yaitu Bandara Ngloram di Cepu, Kabupaten Blora dan Bandara Dewadaru di Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai menyaksikan Penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Pembangunan dan Pengembangan Bandara Ngloram dan Bandara Dewadaru pada Jumat (18/10/19) lalu, di Jakarta.

“Dua bandara ini penting untuk kita berikan dukungan, karena Karimunjawa adalah daerah wisata yang sangat potensial dan di Ngloram ini merupakan pusat kegiatan minyak. Banyak kegiatan bisnis di sana sehingga kita harus fasilitasi,” papar Budi Karya, dikutip dari laman Kemenhub.

Ia juga menyampaikan, dalam melakukan pengembangan dua bandara tersebut, Kemenhub turut melibatkan masyarakat dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) melalui perlombaan desain bandara yang diikuti sejumlah arsitek Tanah Air.

“Nantinya pesawat ATR-72 itu bisa terbang ke sana, sementara saat ini tidak bisa dan kondisi terminalnya tidak representatif. Jadi desainnya akan kita buat lebih cantik. Sekarang ini mau tender. Pada tahun 2020 itu akan dikerjakan,” jelasnya.