Kemenhub Siapkan Konsep “Smart City, Smart Mobility” di Ibu Kota Baru

oleh -
FGD Kemenhub dengan tema “Menggali Potensi Konektivitas Ibu Kota Baru” di Balikpapan, Kaltim, Kamis (19/9/19). (Foto Kemenhub)

Sementara itu, Kepala Badan Litbang Kemenhub Sugihardjo juga menuturkan, transportasi ibu kota baru akan dibuat lebih ramah lingkungan (eco friendly). Menurutnya, 65 persen dari ibu kota baru tersebut harus terdiri dari ruang terbuka hijau.

“Kami akan membangun ibu kota yang modern dan cerdas. Maka dari itu kita akan menyusun teknologi transportasi yang bagus, agar masyarakat kalau mau menggunakan transportasi bisa dengan jalan kaki. Tentunya harus eco friendly,” tutur Sugihardjo.

Adapun beberapa infrastruktur sarana dan prasarana lain yang direncanakan akan dibangun di ibu kota yang menjadi pusat pemerintahan tersebut, diantaranya pedestrian, e-bike, e-scooter, dan juga LRT atau MRT.

Dalam FGD tersebut, hadir beberapa pembicara seperti, Kabadan Litbang Kemenhub Sugihardjo, Direktur Bina Penataan Bangunan Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, Kadishub Kaltim Salman, Perwakilan Keluarga Alumni Gajah Mada (Kagama) Sukarni Ningsi. Diikuti seluruh Unit Pelaksana Teknis Kemenhub di Kaltim, mahasiswa, dan jajaran stakeholder terkait dengan pembangunan ibu kota baru.*** (IG)